Nvidia dan Microsoft Mau Bikin Komputer Super untuk AI

Nvidia dan Microsoft Mau Bikin Komputer Super untuk AI

ADVERTISEMENT

Nvidia dan Microsoft Mau Bikin Komputer Super untuk AI

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 18 Nov 2022 13:32 WIB
A Microsoft logo is seen on an office building in New York City in this July 28, 2015 file photo. Microsoft Corp announced more big cuts to its smartphone business on Wednesday.  REUTERS/Mike Segar/File Photo
Foto: Reuters/Mike Segar
Jakarta -

Nvidia mengumumkan kerja samanya dengan Microsoft untuk membangun salah satu komputer super untuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang paling kencang di dunia.

Komputer super ini didesain untuk menangani pekerjaan berat seperti melatih AI. Dalam kolaborasi ini akan ditunjukkan bagaimana Nvidia bisa memanfaatkan virtual machine berskala milik Microsoft untuk mengakselerasi model AI seperti DALL-E.

Mesinnya akan berbasis infrastruktur Microsoft Azure, dan akan memakai sepuluh ribuan chip GPU khusus data center dari Nvidia, yaitu H100 dan A100, serta memakai platform jaringan Quantum-2 InfiniBand.

Nvidia mengklaim kombinasi platform cloud Azure, GPU, jejaring, dan full AI suite milik Nvidia ini akan membuat lebih banyak perusahaan untuk melatih dan menggunakan AI, termasuk AI paling canggih sekalipun. Kedua perusahaan ini juga akan mengembangkan DeepSpeed, software optimasi deep learning milik Microsoft.

Pengembangan dan akselerasi penelitian generetative AI pun bisa digeber menggunakan komputer super ini. Yaitu model bahasa baru seperti DALL-E dan Stable Diffusion yang menggunakan algoritma yang bisa belajar sendiri untuk membuat bermacam konten, seperti teks, kode, gambar digital, video, dan audio.

Model AI seperti ini beberapa tahun belakangan tumbuh sangat cepat, yang kemudian meningkatkan kebutuhan akan infrastruktur komputer berkemampuan mumpuni untuk pengembangannya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (17/11/2022).

"Pengembangan teknologi AI dan juga adopsi oleh industri sedang berakselerasi. Penemuan baru dari model fondasi sudah memicu gelombang besar penelitian, memunculkan startup baru serta memungkinkan kehadiran aplikasi enterprise baru," jelas Manuvir Das, VP enterprise computing di Nvidia.

"Kolaborasi kami dengan Microsoft akan menghadirkan infrastruktur AI paling canggih untuk dipakai oleh peneliti dan perusahaan agar bisa memanfaatkan kekuatan transformatif dari AI," tutupnya.



Simak Video "Microsoft Office Bakal Segera Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT