11.000 Karyawan Meta Kena PHK, Indonesia Kena?

11.000 Karyawan Meta Kena PHK, Indonesia Kena?

ADVERTISEMENT

11.000 Karyawan Meta Kena PHK, Indonesia Kena?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 10 Nov 2022 15:03 WIB
Kantor Meta
Logo kantor Meta yang PHK 11 ribu karyawan. Foto: Getty Images
Jakarta -

Sebanyak 11 ribu karyawan Meta telah kena PHK. Para karyawan yang terimbas pemutusan kerja ini berasal dari berbagai belahan dunia. Bagaimana dengan nasib karyawan Meta di Indonesia?

"Ini adalah momen menyedihkan. Bagi mereka yang pergi, aku ingin sekali lagi berterima kasih untuk semua yang kalian berikan di tempat ini. Kita tidak akan berada di tempat kita sekarang tanpa kerja keras kalian," tulis bos Meta, Mark Zuckerberg, dalam surat yang ditujukan bagi semua pegawai Meta.

Ketika dimintai konfirmasi, pihak Meta Indonesia kepada detikINET membenarkan bahwa telah terjadi PHK oleh perusahaan.

"Benar Meta melakukan proses pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 11.000 karyawan di seluruh dunia," sebut Juru Bicara Perusahaan-perusahaan Meta di Indonesia dalam keterangannya kepada detikINET, Kamis (10/11/2022).

Akan tetapi, pihaknya tidak bisa membagikan informasi tentang apakah ada karyawan Meta di Indonesia yang terkena dampak PHK lantaran dinilai sebagai informasi yang sensitif.

"Karena ini merupakan informasi yang bersifat sensitif, serta untuk menghormati dan menjaga privasi dari karyawan yang terdampak, kami tidak bisa membagikan detail mengenai karyawan di Indonesia," papar sang juru bicara.

"Ini adalah keputusan bisnis yang sulit yang harus kami ambil, namun ke depannya, kami senantiasa fokus dan optimis dengan rencana-rencana pengembangan perusahaan-perusahaan Meta dan perjalanan kami di Indonesia," pungkasnya.

Zuckerberg sendiri memastikan karyawan yang terkena dampak akan menerima 16 minggu gaji ditambah dua minggu tambahan untuk setiap tahun layanan. Meta akan menanggung asuransi kesehatan selama enam bulan.

Meta turut menanggung biaya perawatan kesehatan untuk karyawan beserta keluarga selama enam bulan. Karyawan Meta yang terkena dampak juga akan menerima saham mereka yang ditetapkan pada 15 November.

Simak Video: Permohonan Maaf Mark Zuckerberg Usai PHK 11.000 Karyawan Meta

[Gambas:Video 20detik]




(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT