Pabrik Baru Oppo Didominasi Pekerja Indonesia, 35% Asal Kota Tangerang

Pabrik Baru Oppo Didominasi Pekerja Indonesia, 35% Asal Kota Tangerang

ADVERTISEMENT

Pabrik Baru Oppo Didominasi Pekerja Indonesia, 35% Asal Kota Tangerang

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 27 Okt 2022 07:45 WIB
Pabrik Oppo
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pabrik baru Oppo di Periuk, Kota Tangerang, kini didominasi pekerja dalam negeri. Bahkan pekerja asal Kota Tangerang mencapai 35%.

"Sekarang rasioTKA tinggal 3%. Tenaga kerja dalam negeri makin meningkat, orang Indonesia makin hebat dan pintar, ditambah jenjang karier di sini terbuka lebar," kata Jefry Firman De Haan, Business Performance Manager Oppo Manufaturing Indonesia.

Kendati saat ini sudah menyentuh 35% pekerja asal Kota Tangerang, angka tersebut rupanya masih belum memenuhi permintaan Dinas Tenaga Kerja setempat.

"Kami diberikan mandat untuk memenuhi setidaknya 40% tenaga kerja dari kota Tangerang. Saat ini, posisi Oppo Manufacturing Indonesia telah memenuhi angka 35% tenaga kerja Kota Tangerang dari target yang diberikan, kami berupaya memenuhi angka tersebut pada perekrutan selanjutnya," kata Ziyad, HRD Manager Oppo Manufacturing Indonesia.

Untuk perekrutan pekerja, Oppo Manufacturing Indonesia menjalin kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah di wilayah kota Tangerang. Salah satu tenaga kerja yang bergabung melalui proses perekrutan ini adalah Ernia Lestari. Dia ditugaskan pada bagian pemasangan baterai cover perangkat OppoA17.

Ernia Lestari, pekerja pabrik baru Oppo asal Bayur, Kota TangerangErnia Lestari, pekerja pabrik baru Oppo asal Bayur, Kota Tangerang Foto: Oppo Indonesia

"Aku tahu tentang perekrutan ini dari link di group chat yang dikirimkan pihak guru sekolah, ternyata link ini merupakan informasi rekrutment di pabrik Oppo. Saya langsung coba daftar untuk bergabung, selain tertarik karena pabriknya hp OPPO, jarak tempuhnya juga sangat dekat dari rumah ke pabrik," ujar perempuan yang mengaku tinggal di dekat Masjid Pintu Seribu, Bayur, Kota Tangerang.

Untuk diketahui pabrik baru Oppo memiliki luas 10 hektar. Ada dua bangunan berdiri di sini, yakni kantor dan area produksi.

Berbeda dari sebelumnya, pabrik baru ini sudah mengadopsi Oppo Production System (OPS) mengadopsi Lean Manufacturing System yang telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia. Dengan sistem ini, produksi HP Oppo lebih efisien dalam hal waktu dan kualitas.

Di pabrik baru Oppo terdapat pula Enduring Quality. Ada enam pengujian di antaranya uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.

Untuk memanjakan para pekerja, Oppo memberikan fasilitas penunjang di pabrik barunya ini. Ada lapangan sepak bola, mini soccer, running track, lapangan basket outdoor, voli, tennis meja, biliar hingga gym.

[Gambas:Youtube]



(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT