Peran Infrastructure Engineer untuk GoTo Financial

Peran Infrastructure Engineer untuk GoTo Financial

ADVERTISEMENT

Peran Infrastructure Engineer untuk GoTo Financial

Erika Dyah - detikInet
Selasa, 11 Okt 2022 13:13 WIB
GoTo Financial
Foto: GoTo Financial
Jakarta -

Industri teknologi tengah berkembang pesat saat ini. Perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti GoTo Financial, bisnis teknologi finansial dari GoTo Group yang mengelola berbagai produk termasuk GoPay, terus mengembangkan dan memperluas layanan usahanya.

Untuk mengakomodasi pertumbuhan bisnis yang cepat, GoTo Financial ternyata memanfaatkan infrastructure engineering untuk memungkinkan kecepatan pengembangan yang lebih konsisten dan penyesuaian konfigurasi skalabilitas yang lebih presisi untuk setiap layanannya.

Menurut Giovanni Sakti, ketua tim Infrastructure Engineering - Consumer Payments di GoTo Financial, infrastructure engineer memiliki peranan yang vital dalam membangun produk internal yang akan membantu developer-developer lain menjalankan tugasnya dengan lebih efisien. Tak heran, infrastructure engineer menjadi salah satu profesi yang banyak diminati dan menarik untuk ditekuni. Dalam podcast 'Hangout with the Makers', Giovanni membahas secara mendalam mengenai infrastructure engineer dan perannya dalam GoTo Financial.

Giovanni yang bergabung dengan GoPay pada 2018, dulu masih menjadi bagian dari Gojek, mengambil contoh ketika e-wallet tersebut sedang melakukan proses migrasi ke teknologi baru. Tanpa infrastruktur yang tepat, proses migrasi tersebut memakan waktu yang cukup lama. "Kami memerlukan satu minggu untuk memigrasi satu komponen," ungkap Giovanni.

Menghadapi tantangan ini, Giovanni dan tim-nya kemudian memikirkan cara membangun infrastruktur yang tepat sehingga proses migrasi bisa dilakukan dengan efisien, serta mendukung para developer untuk membangun layanan atau fitur baru dengan lebih produktif.

Ketika ditanya tugas spesifik infrastructure engineer di GoTo Financial, Giovanni juga menambahkan bahwa di GoTo Financial mereka tidak sekedar melakukan konfigurasi atau pengawasan sistem internal. "Di GoTo Financial, walaupun kamu platform engineer, infrastructure engineer, atau security engineer, kamu juga membuat produk," jelas Giovanni.

"JIka sebagai product engineer, kamu membangun solusi untuk teman, keluargamu dan masyarakat luas, karena mereka end customer yang menggunakan GoPay, sebagai infrastructure engineer kamu juga membangun produk, namun pengguna utama produk tersebut adalah developer lain di dalam perusahaan" imbuh Giovanni.

Nah, itu dia sekilas mengenai jurus yang dilakukan GoTo Financial untuk mengembangkan layanan berkualitas. Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai cara kerja infrastructure engineering di GoTo Financial? Kamu bisa dengarkan podcast Hangout with the Makers melalui YouTube atau Spotify.

Sebagai informasi, Hangout with the Makers merupakan podcast yang mendiskusikan berbagai topik, seperti rahasia pengembangan teknologi GoPay, misi dari GoTo Financial, serta produk-produk lainnya, seperti Midtrans dan Moka.



Simak Video "GoTo Bagikan Saham Gratis untuk Mitra Driver"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT