Raih Rekor MURI, Software ESTIM Tawarkan Digitalisasi Pemerintahan

ADVERTISEMENT

Raih Rekor MURI, Software ESTIM Tawarkan Digitalisasi Pemerintahan

Sponsored - detikInet
Jumat, 23 Sep 2022 07:05 WIB
ESTIM
Foto: Mitratex
Jakarta -

Pemerintah berupaya agar proses pemasukan produk lokal ke e-Katalog disederhanakan dan tidak berbelit-belit. Pemerintah juga menggenjot agar e-Katalog diisi banyak produk lokal yang masuk ke dalam sistem pengadaan barang dan jasa. Selain itu, pemerintah bakal memprioritaskan produk dalam negeri dengan membekukan akses bagi produk impor yang telah tersedia substitusinya dalam produk lokal.

Penggunaan anggaran di lembaga pemerintahan harus difokuskan untuk membeli produk-produk dalam negeri. Di tahun 2022 saja, dari total dana alokasi belanja pemerintah pusat sebesar Rp 526 triliun dan alokasi belanja pemerintah daerah sebesar Rp 535 triliun, dan alokasi belanja BUMN sebesar Rp 420 triliun, apabila dapat difokuskan untuk belanja produk-produk dalam negeri, tentu akan bermanfaat sekali bagi perekonomian nasional.

Para vendor software yang mendaftarkan produk-produknya dalam e-Katalog ini tentunya paham betul bahwa produknya akan digunakan oleh lembaga pemerintahan baik dalam skala nasional maupun daerah yang tentunya memiliki fungsi yang krusial dalam penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri maupun dalam memberikan layanan kepada masyarakat luas. Oleh karenanya, para vendor berlomba-lomba untuk memberikan produk-produk yang berkualitas. Salah satunya adalah ESTIM, yaitu software yang telah mendapatkan penghargaan rekor MURI sebagai software lokal IT Service Management (ITSM) pertama buatan Indonesia.

ESTIM Foto: ESTIM

Lembaga pemerintahan yang pernah menggunakan ESTIM antara lain adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan lain-lain.

Instansi pemerintah bisa mendapatkan software lokal yang andal dan berkualitas dengan mengakses e-Katalog LKPP. Terdapat banyak software lokal yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga pemerintahan dalam rangka digitalisasi pemerintahan atau e-Government, seperti e-Office, CRM, sistem helpdesk, sistem ITSM, manajemen risiko, manajemen proyek, manajemen aset, sistem pembelajaran, sistem marketplace, manajemen rantai pasok dan lain-lain.

(Content Promotion/ESTIM)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT