5 Tips Bagi UMKM Biar Mudah Gaet Pelanggan Versi Tokopedia

ADVERTISEMENT

5 Tips Bagi UMKM Biar Mudah Gaet Pelanggan Versi Tokopedia

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 07 Sep 2022 14:31 WIB
Ilustrasi Hari Pelanggan Karyawan Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia membagikan tips bagi para penjual khususnya UMKM dalam memberikan pelayanan terbaik untuk menumbuhkan kepuasan hingga loyalitas pelanggan. UMKM pun dapat memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan terbaik tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan oleh Tokopedia agar UMKM bisa memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggannya.

1. Maksimalkan Halaman Produk

Agar pembeli dapat dengan mudah menemukan produk sesuai kebutuhan, penjual disarankan menamai produk sesuai rumus Nama/Jenis Produk + Merek + Keterangan, misalnya Kaos 'Spesial HUT 13 Tokopeda' size XS/putih.

"Pastikan pula foto produk yang digunakan terlihat jelas dan berlatar belakang putih polos. Tambahkan juga deskripsi produk secara singkat, padat dan jelas. Bisa juga tambahkan video agar pembeli semakin paham mengenai keunggulan produk. Terakhir, pasanglah harga bersaing," kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/9/2022).

2. Rutin Posting di Tokopedia Feed dan Media Sosial

Unggah konten menarik dan terbaru setiap hari di Tokopedia Feed dan media sosial agar pembeli tetap dekat dan menjadi lebih tahu mengenai toko dan produk-produk yang dijual.

"Semakin aktif mengunggah konten yang menarik, maka peluang toko mendapatkan pengikut juga semakin tinggi. Penjual juga dapat membagikan tautan produk pada setiap konten untuk menarik banyak kunjungan calon pembeli ke halaman produk. Gunakan Kupon Follower Baru untuk menarik lebih banyak follower ke toko," tutur Ekhel.

3. Aktif Sebar Pesan Promosi dengan Broadcast Chat

Penjual dapat menggunakan fitur Broadcast Chat untuk mengirimkan informasi seputar produk dan promosi yang sedang berlangsung. Lewat fitur ini, penjual cukup mengunggah banner, menulis pesan, mengatur penerima, lalu mengirimnya kepada calon pembeli.

4. Aktifkan Fitur Smart Reply

Fitur ini dapat membantu penjual membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis. Penjual dapat menggunakan Smart Reply untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman dan spesifikasi produk.

5. Manfaatkan Gudang Pintar 'Dilayani Tokopedia'

Fitur ini merupakan layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Layanan ini memungkinkan pembeli mendapatkan barang pesanannya dengan lebih cepat dan ongkir yang lebih efisien.

"Berbagai materi edukasi untuk penjual bisa diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller. Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2022, kami kembali menggelar konferensi teknologi seputar layanan pelanggan START CX F1RST Summit pada Kamis, 8 September 2022 pukul 09.00-17.00 WIB gratis melalui website Tokopedia Academy," jelas Ekhel.

"Kami harap berbagai inisiatif Tokopedia ini dapat membantu pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal dalam meningkatkan kepuasan pelanggan," sambungnya.

(akd/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT