Pentingnya Koneksi Internet bagi Industri Teknologi Kesehatan

ADVERTISEMENT

Pentingnya Koneksi Internet bagi Industri Teknologi Kesehatan

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Jumat, 29 Jul 2022 15:32 WIB
Ilustrasi teknologi kesehatan.
Foto: dok. Biznet
Jakarta -

Kemajuan teknologi kini sudah hampir menyentuh semua bidang kehidupan masyarakat. Terlebih semenjak pandemi COVID-19 melanda, yang ikut berdampak pada perkembangan teknologi di dunia.

Tak hanya mendorong kegiatan sehari-hari ke arah digitalisasi, kondisi tersebut juga mengubah industri kesehatan menjadi lebih maju dengan menghadirkan teknologi yang tentunya bisa terintegrasi secara digital.

Di Indonesia sendiri perkembangan di bidang teknologi kesehatan (healthtech) sudah cukup signifikan. Dengan adanya healthtech, layanan medis atau kesehatan berbasis online memberikan aksesibilitas menjadi lebih tepat sasaran, efisien, dan efektif. Tentunya ini akan meningkatkan pelayanan kesehatan secara merata serta memberikan dampak positif yang memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mereka.

Selain dari kemajuan pelayanan kesehatan, diperlukan juga inovasi dari alat medis yang digunakan, sehingga dapat membantu mempersingkat berbagai proses pengecekan kesehatan yang biasanya memakan waktu banyak. Peningkatan mutu pelayanan dan pemeriksaan kesehatan ini selain membutuhkan teknologi tercanggih, juga perlu koneksi Internet WiFi yang bisa membantu industri teknologi kesehatan.

Lantas mengapa koneksi Internet WiFi sangat penting di industri teknologi kesehatan atau healthtech?

1. Memudahkan Pencarian Rekam Medis Pasien

Dengan adanya koneksi Internet tentunya akan berikan kemudahan menyimpan dan mengakses data. Untuk rumah sakit atau klinik dapat menggunakan sistem komputerisasi agar lebih cepat dalam pelayanannya terhadap pasien. Dengan sistem ini juga pastinya akan meminimalisir human error terhadap data pasien, karena semua sudah terintegrasi secara digital.

2. Dokter dan Tenaga Medis Dapat dengan Mudah Menolong Pasien

Healthtech juga termasuk dalam layanan telemedicine, yang memudahkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter. Bukan hanya berkonsultasi saja, melainkan juga mempermudah mendapatkan resep obat melalui layanan telemedicine. Untuk mendukung hal tersebut, maka koneksi Internet sangat diperlukan bukan hanya untuk pasien, namun juga untuk para dokter agar pada pemeriksaan tidak terganggu dengan sinyal yang buruk.

3. Dapat Mempersingkat Waktu dengan Alur Pemeriksaan Lebih Mudah

Jika klinik atau rumah sakit memiliki koneksi Internet WiFi, maka mengembangkan website atau aplikasi pemeriksaan dengan alur seperti ini akan memudahkan pasien untuk dapat mengakses di mana dan kapan saja. Ditambah jika semua peralatan medis dapat terintegrasi dengan protokol HL7 ke Sistem Informasi Rumah Sakit (HIS - Hospital Information System) dari TrustMedis & Sistem Informasi Lab (LIS - Laboratory Information System) yang dapat membantu berikan hasil yang cepat, tepat dan akurat.

Untuk itu, rekomendasi koneksi Internet WiFi dari Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital di Indonesia mendukung inovasi terhadap perkembangan industri kesehatan dengan menghadirkan solusi khusus untuk kebutuhan industri kesehatan dan masyarakat.

Solusi untuk Klinik dan Laboratorium

Seperti yang diketahui, klinik dan laboratorium menjadi bagian penting dalam industri kesehatan. Klinik memerlukan koneksi Internet WiFi jika melakukan konsultasi melalui video call dengan pasien untuk mengetahui diagnosa awal. Sedangkan Laboratorium berperan penting untuk menganalisa, dan menguji hasil pemeriksaan guna mendeteksi penyakit di dalam tubuh pasien.

Oleh karena itu, tersedianya koneksi Internet WiFi memiliki manfaat untuk tenaga medis laboratorium dalam mengirim hasil rekam medis, berupa dokumen serta gambar secara digital (email, aplikasi chat). Maka, Biznet menghadirkan layanan Biznet Metronet yang hadir dengan bandwidth mulai dari 50 Mbps hingga 750 Mbps yang dapat membuat aktivitas digital di klinik dan laboratorium jadi lebih lancar.

Tabel Harga Biznet Metronet

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT