5 Manfaat Software Akuntansi untuk Meningkatkan Performa Bisnis

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Software Akuntansi untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Sponsored - detikInet
Rabu, 20 Jul 2022 15:50 WIB
Olsera Merchant/ExcellentGarage
Foto: Olsera Merchant/ExcellentGarage
Jakarta -

Manajemen keuangan yang baik, termasuk pencatatan transaksi serta pembukuan bisnis, menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha. Di sini, Anda mungkin membutuhkan software akuntansi yang berfungsi untuk memudahkan aktivitas perusahaan berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Sederhananya, manfaat aplikasi akuntansi ini yaitu sebagai berikut.

Manfaat Accounting Software untuk Bisnis

1. Financial Control

Sesuai dengan namanya, accounting software merupakan program yang digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas perusahaan terkait dengan pengelolaan keuangan. Ini membuat pemilik bisnis mampu mengontrol keuangannya secara otomatis. Bahkan, hal tersebut sangat memungkinkan meskipun pemilik bisnis bukan berasal dari latar belakang yang ahli akuntansi.

Sebab, semua pengelolaan operasional akuntansi bisnis bisa dilakukan melalui komputer atau perangkat seluler. Sehingga tidak perlu lagi menyewa pihak eksternal atau jasa akuntan untuk mengontrol anggaran. Apalagi dengan sedikit pelatihan, Anda bisa memastikan financial control yang baik terjadi dalam bisnis.

2. Menghemat Biaya Perusahaan

Manfaat software akuntansi lainnya yaitu mampu menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Karena seperti yang disebutkan, Anda tidak perlu lagi menyewa pihak eksternal atau jasa akuntan untuk mengontrol anggaran. Di samping itu, penghitungan pokok serta susunan anggaran dapat dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan aplikasi ini. Sehingga anda dapat mengatur anggaran bisnis dengan baik dan lancar.

Terlebih, penggunaan software mampu meminimalkan human error yang biasa terjadi ketika entri data dan penghitungan. Itu berarti susunan anggaran maupun laporan keuangan bisnis secara keseluruhan dapat dipastikan keakuratannya dan mencegah terjadinya krisis pada keberlangsungan bisnis.

3. Data Terorganisir dengan Rapi

Keuntungan lain ketika menggunakan sistem akuntan online adalah semua data keuangan bisnis bisa disimpan dengan aman di satu tempat. Karena membuat serta menyimpan faktur secara manual memang punya risiko hilang dan salah tempat.

Namun, hal ini tidak perlu Anda khawatirkan kembali ketika menggunakan software akuntansi online. Di mana Anda bisa melakukan review, cetak ulang faktur, hingga mengirimnya ulang jika diperlukan.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa mencari faktur secara mudah di software dengan cara memasukkan nama atau nomor fakturnya. Sehingga semua proses menjadi lebih cepat dan mudah, membuat data terorganisir dengan rapi di dalam sistem.

4. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data-data terkait keuangan perusahaan yang tersimpan dengan rapi di satu tempat membuat Anda mampu meningkatkan keamanannya. Ini tentu hal yang penting, mengingat data keuangan merupakan informasi perusahaan yang bersifat konfidensial. Sehingga data tersebut tidak boleh sampai hilang atau jatuh ke tangan yang salah.

Di sini, accounting software dengan sistem terpusat akan menjaganya tetap aman karena sudah terlindungi oleh firewall. Jadi, data hanya dapat dilihat oleh orang orang yang sudah memiliki hak akses. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan hak akses tersebut.

5. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Manfaat utama dari software akuntansi yaitu mempermudah pengambilan keputusan perusahaan. Pasalnya, sistem akuntansi yang canggih mampu memberikan informasi rinci mengenai kondisi keuangan bisnis. Sehingga Anda bisa memahami di mana harus berinvestasi lebih banyak, atau di mana harus memotong pengeluaran berdasarkan angka yang didapat dari sistem.

Salah satu merchant yang telah memakai jasa software akuntansi Olsera, yaitu Excellent Garage merupakan salah satu usaha di bidang jasa cucian mobil yang sangat rekomendasi. Berdiri sejak tahun 2017 hingga saat ini, Excellent Garage Premium Wash kini semakin dikenal banyak masyarakat karena dari segi pelayanan yang sangat unggul dan nyaman.

Terkait meningkatnya performa bisnis Excellent Garage Premium Wash, Santi salah satu Staff mengungkapkan rasa puasnya setelah menggunakan Aplikasi Kasir Olsera. Pasalnya, sebelum menggunakan Olsera POS, ia seringkali terjadi kesalahan mengenai perhitungan laporan penjualan dan komisi yang menyebabkan perhitungan komisi tidak sesuai. Namun, dengan adanya Aplikasi Kasir Olsera semua dapat teratasi sesuai yang diharapkan oleh Santi

Aplikasi akuntansi dapat dikatakan memfokuskan pada fungsi pembuatan laporan keuangan, yang akan mempermudah pemilik bisnis untuk pengambilan keputusan. Mendukung hal ini, Anda bisa memanfaatkan akunting Olsera untuk sistem POS (point of sale) sekaligus aplikasi akuntansi yang baik bagi bisnis. Adapun cara kerja Olsera dapat disimak secara langsung melalui website olsera.com.

(Content Promotion/Olsera Indonesia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT