HUB.ID Accelerator 2022 Berburu Startup Digital Indonesia

ADVERTISEMENT

HUB.ID Accelerator 2022 Berburu Startup Digital Indonesia

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 05 Jul 2022 18:36 WIB
HUB.ID Accelerator 2022
Foto: Dok. Kominfo
Jakarta -

Setelah resmi membuka registrasi pada 11 Juni 2022 lalu, program HUB.ID Accelerator 2022 melanjutkan rangkaian acaranya melalui promotional roadshow.

Promotional roadshow ini telah dilakukan secara luring mulai pada tanggal 16 Juni 2022 hingga 6 Juli 2022 di 6 kota di Indonesia, termasuk Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Makassar.

Sejalan dengan misi mempercepat pengembangan ekosistem digital tanah air, rangkaian promotional roadshow ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan program HUB.ID Accelerator 2022 serta menjaring lebih banyak lagi startup tanah air yang berpotensi dan tersebar di berbagai kota di Indonesia.

HUB.ID Accelerator 2022 merupakan program Kominfo yang memfasilitasi kegiatan business matchmaking bagi startup digital tanah air dan mempertemukan mereka dengan mitra dari pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor untuk menjaring ekosistem startup digital Indonesia.

Pada Juni lalu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A Pangerapan, menjelaskan latar belakang penyelenggaraan program HUB.ID Accelerator 2022 adalah untuk menyukseskan proses akselerasi transformasi digital tanah air.

Guna mendukung upaya tersebut, diperlukan pengembangan ekosistem digital yang melibatkan tiga komponen penting, diantaranya infrastruktur, dukungan regulasi, hingga ketersediaan talenta digital yang mumpuni.

"Seluruh teknologi digital yang tersedia di sekitar kita sekarang, sudah mulai banyak diisi oleh para pelaku industri teknologi digital dari dalam negeri. Kita patut bangga dengan semakin meningkatkan semangat digital entrepreneurship di kalangan anak muda yang ditunjukkan semakin banyak startup digital yang bertumbuh dan juga berkembang," ujar Semuel.

Salah satu alumni program HUB.ID Accelerator, CEO Chickin Tubagus Syailendra, pun turut hadir pada acara promotional roadshow di Medan, Sumatera Utara dan menceritakan pengalamannya dalam mengikuti program ini.

"Melalui HUB.ID, kami menemukan banyak ide dan akses kolaborasi dengan berbagai mitra bisnis termasuk melalui jaringan yang diberikan mentor. Contoh: TaniHub dan Chickin dengan menjalin hubungan bisnis supply ayam ke TaniHub," katanya, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (5/7/2022).

Setelah mendapatkan 25 startup digital pada 5 vertikal bisnis dengan kualifikasi yang telah ditetapkan, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan HUB.ID Accelerator 2022 dimulai dari Business Mentoring, Pitch Training, Business Matchmaking, Networking Session, Demo Day, dan Global Immersion bagi 5 startup terbaik. Rangkaian kegiatan akan berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang.

"Adapun target startup digital yang akan difasilitasi adalah 25 startup digital dengan kriteria pada posisi seeds sampai dengan pre-series A. Banyak fitur-fitur program yang kita laksanakan di HUB.ID Accelerator dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi, yaitu menyelaraskan sinergi kebutuhan startup digital dengan mitra bisnis & investor," tutup I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital, Ditjen Aptika Kominfo.



Simak Video "Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Capai USD 77 Miliar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT