Solusi Meeting untuk Kolaborasi Lebih Luas Tanpa Tambah Ruang

Solusi Meeting untuk Kolaborasi Lebih Luas Tanpa Tambah Ruang

Sponsor - detikInet
Rabu, 22 Jun 2022 11:05 WIB
Cisco
Foto: Cisco
Jakarta -

Kondisi pandemi yang terus terkendali menggiatkan antusiasme mobilitas. Hal ini tampak pada kondisi jalanan yang mulai kembali padat dan transportasi umum yang penuh sesak dengan para pekerja.

Banyak perusahaan yang juga kembali memberlakukan bekerja di kantor setiap hari, namun ada juga yang masih hybrid 60/40 alias 3 hari kerja di kantor dan 2 hari kerja dari mana saja. Hal ini dilakukan demi mengoptimalkan koordinasi dan kolaborasi tatap muka untuk memaksimalkan hasil kerja.

Alhasil ruang kerja kembali ramai, begitu pula dengan pemanfaatan ruang meeting. Bedanya, meeting yang dulu didominasi pertukaran ide secara tatap muka kini cenderung dilakukan melalui medium virtual sebagai hasil adaptasi terhadap pandemi COVID-19 yang melanda selama dua tahun terakhir.

Kolaborasi virtual dengan saling bertukar layar dan kamera untuk menayangkan objek, file kerja, video maupun gambar membuat ruang meeting perlu disiasati untuk dapat mengakomodir cara kolaborasi yang lebih luas ini.

2021 Global Workplace Report oleh NTT menunjukan bahwa 79% perusahaan percaya karyawan mereka lebih suka bekerja dari kantor daripada dari rumah. Namun, data suara karyawan menunjukkan hanya 38% yang lebih suka bekerja dari kantor, sedangkan 31% ingin bekerja dari rumah, dan 31% ingin bergantian di antara keduanya.

Perusahaan yang tidak menanggapi perubahan kebutuhan karyawan dengan memberikan pilihan dan tingkat fleksibilitas yang beragam dalam cara mereka bekerja akan merasakan dampaknya pada tingkat produktivitas dan kepuasan karyawan.

Sejalan dengan hasil 2021 Global Workplace Report, Cisco sebagai perusahaan terdepan penyedia solusi kolaborasi dan produktivitas percaya bahwa masa depan bekerja adalah kemudahan untuk bekerja di manapun. Bagi Cisco, kerja adalah aktivitas, bukan soal tempat. Hybrid Work menurut Cisco adalah pendekatan teknologi dalam membantu meningkatkan pengalaman bekerja yang mudah, terintegrasi, dan tentunya aman bagi karyawan dimanapun mereka berada.

Cisco membantu transformasi tempat kerja dengan menyediakan berbagai solusi teknologi untuk Hybrid Work, baik itu solusi meeting dengan perangkat video conference yang canggih disertai dengan whiteboarding, video desktop pribadi untuk karyawan, employee on the go, bahkan solusi untuk bekerja dari rumah.

Solusi kolaborasi dari Cisco menunjang pertemuan tatap muka dalam satu ruangan, di ruang terbuka maupun tertutup dengan jumlah peserta meeting terbatas atau dengan banyak orang bahkan dengan kelompok rekan kerja di lokasi yang berbeda.

Cisco berkomitmen menjalankan open ecosystem dengan platform conference lainnya tanpa mengurangi pengalaman berkolaborasi untuk perangkat video conference yang ditawarkan. Cisco Meeting Endpoints, perangkat video conference yang terintegrasi dengan platform Cisco Webex bahkan dapat melakukan conferencing menggunakan platform conference lain selain Cisco tanpa mengurangi pengalaman berkolaborasi.

Berikut solusi meeting room dari Cisco yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan juga tipe ruangan yang dimiliki:

Solusi Meeting untuk Kolaborasi Lebih Luas Tanpa Tambah RuangFoto: Dok. Cisco

1. Personal Office Small - Solusi meeting room yang digunakan untuk kebutuhan personal dalam ruangan dengan luas 4 - 10 M2

2. Personal Office Medium - Solusi meeting room yang digunakan untuk kebutuhan 1-6 orang dalam ruangan dengan luas 8 - 12 M2

Solusi Meeting untuk Kolaborasi Lebih Luas Tanpa Tambah RuangFoto: Dok. Cisco

3. Open Huddle - Solusi meeting room open space yang digunakan untuk kebutuhan 1-4 orang dan cocok digunakan pada ukuran ruang dengan luas 4 - 12M2

Solusi Meeting untuk Kolaborasi Lebih Luas Tanpa Tambah RuangFoto: Dok. Cisco

4. Meeting Rooms - Solusi meeting room dari Cisco untuk perusahaan yang memiliki ruang meeting lebih luas untuk kebutuhan 4-20 orang dengan luas ruang meeting antara 12 - 60 M2

5. Briefing Rooms - Solusi meeting room dari Cisco yang digunakan untuk kebutuhan briefing/training bahkan dapat diaplikasikan untuk Auditorium. Solusi ini cocok digunakan untuk kebutuhan menampung 20 -150 peserta meeting dengan luas ruangan 20 - 300 M2

Dengan berbagai solusi Meeting Room yang dimiliki diatas, Cisco menempatkan diri sebagai penyedia solusi terlengkap untuk mengimplementasikan ruang meeting yang fleksibel dan dapat menyesuaikan jumlah peserta meeting, layout ruangan serta lingkungan meeting yang diinginkan.

Dalam dunia yang terus berkembang, teknologi tidak tinggal diam. Cisco dan NTT Ltd. di Indonesia sebagai Gold Partner Cisco menjadikan perubahan sebagai peluang untuk membantu mengubah kolaborasi bisnis klien secara efektif.

Solusi Meeting untuk Kolaborasi Lebih Luas Tanpa Tambah RuangFoto: Dok. Cisco

Baca lebih lanjut tentang 2021 Global Workplace Report | NTT dan unduh buku elektronik pedoman pemanfaatan solusi kolaborasi yang efektif dalam mendukung kerja hybrid work NTT Cisco Safety Hybrid Workplace E-Book. NTT Ltd. sebagai perusahaan layanan teknologi bersama dengan Cisco membantu perusahaan menerapkan strategi pemanfaatan Solusi Teknologi Cerdas Kolaborasi yang terintegrasi.

(Content Promotion/NTT-Cisco)