Shopee Pay dan Shopee Food Dikabarkan Mau PHK Karyawan

Shopee Pay dan Shopee Food Dikabarkan Mau PHK Karyawan

Tim - detikInet
Selasa, 14 Jun 2022 11:31 WIB
Ilustrasi belanja online
Shopee dikabarkan PHK karyawan. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Shopee dikabarkan akan melakukan PHK massal pada sebagian karyawannya di beberapa pasar Asia Tenggara, termasuk Thailand dan juga Vietnam.

Seperti dikutip detikINET dari Marketing Interactive, Selasa (14/6/2022) kabarnya karyawan yang terkena dampak ini yang bekerja di divisi Shopee Pay dan Shopee Food. Namun belum diketahui seberapa besar karyawan yang akan kena PHK ini.

Shopee sendiri adalah anak perusahaan dari Sea Group yang berbasis di Singapura. PHK kabarnya dilakukan sebagai langkah rasionalisasi bisnis e-commerce mereka. Pegawai yang terimbas pemutusan hubungan kerja akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

Shopee termasuk e-commerce paling populer di Asia Tenggara. Karyawannya dilaporkan berjumlah lebih dari 20 ribu orang. Akan tetapi belakangan, mereka tampaknya agak mengerem ekspansinya ke pasar yang baru.

Di India, Shopee memutuskan tidak beroperasi lagi pada Maret kemarin. Hal itu menyusul dilarangnya game Free Fire oleh pemerintah India, di mana game itu dikembangkan Garena dan masih berelasi dengan Sea Group selaku induk Shopee.

Belum lama ini, Shopee juga keluar dari pasar di Prancis pada 6 Maret. Dalam tanggapannya pada Bloomberg, Shopee menyatakan akan tetap berpikiran terbuka dan disiplin dalam mengeksplorasi potensi pasar baru.

Mereka telah mengevaluasi masuk pasar Eropa, antara lain di Spanyol dan Polandia. Sejauh ini, Asia Tenggara bisa dibilang sebagai bisnis terbesarnya.

Belakangan ini, kompetisi di bisnis e-commerce memang kian ketat dan secara keseluruhan, beberapa startup telah melakukan langkah efisiensi dengan PHK karyawan. detikcom masih berusaha menghubungi Shopee untuk mengkonfirmasi hal ini.

[Gambas:Youtube]



(fyk/fay)