5 Langkah Mudah Gunakan Kasir Pintar untuk Bantu Pengelolaan Usaha

5 Langkah Mudah Gunakan Kasir Pintar untuk Bantu Pengelolaan Usaha

Sponsored - detikInet
Selasa, 31 Mei 2022 12:03 WIB
Olsera Merchant / Starbox
Foto: Dok. Olsera Merchant/Starbox
Jakarta -

Pelaku bisnis yang ingin terus bertahan di tengah persaingan usaha yang begitu ketat seperti sekarang ini, sebaiknya mulai menyadari akan pentingnya penggunaan sistem POS atau point of sale. Karena kasir pintar tersebut memiliki fitur keuangan dan laporan transaksi yang dapat mempermudah pengelolaan bisnis.

Adapun langkah-langkah mudah menggunakannya yaitu sebagai berikut:

1. Memasang Perangkat Kasir

Sistem POS terdiri atas software dan hardware. Tanpa adanya perangkat keras yang mendukung, maka Anda tidak akan bisa menjalankan aplikasi kasir dengan baik. Oleh karena itu, ketika Anda sudah memutuskan untuk berlangganan aplikasi kasir, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan perangkat seperti dudukan kasir dan tablet.

Umumnya pihak vendor aplikasi kasir sudah menyediakan paket software dan hardware yang bisa Anda beli sekaligus. Sehingga akan lebih mudah dalam melakukan instalasi. Anda pun tidak perlu segan meminta bantuan kepada penyedia jasa apabila merasa kesulitan dalam proses instalasi tersebut.

2. Pasang Aplikasi Kasir

Apabila instalasi perangkat kasir sudah disiapkan dengan baik, berikutnya Anda bisa memasang aplikasi kasir pada perangkat yang sudah ada. Itulah mengapa sebaiknya beli hardware di tempat yang sama dengan perangkat lunaknya. Sebab dengan begitu dapat dipastikan tablet atau perangkat yang tersedia memang kompatibel terhadap aplikasi.

Setelah aplikasi kasir ter-install di tablet atau perangkat, jangan lupa login atau membuat akun kasir pintar jika sebelumnya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut. Cara pembuatan akun sendiri biasanya sudah tersedia pada buku manual, dan langkahnya pun tidak sulit. Bahkan untuk login, Anda bisa langsung menggunakan akun Google.

3. Login dan Pilih Layanan

Setelah berhasil membuat akun, berikutnya Anda bisa masuk menggunakan akun tersebut untuk memilih layanan yang tersedia. Menariknya di sini Anda bisa membuat masing masing satu akun apabila terdapat beberapa karyawan kasir. Sehingga transaksi dari setiap kasir dapat dibedakan dengan mudah. Bahkan Anda pun bisa login sebagai owner untuk melakukan pemantauan.

Pihak vendor aplikasi kasir sendiri biasanya menyediakan layanan yang standar hingga premium, sehingga Anda dapat memilih kasir pintar sesuai kebutuhan bisnis masing-masing. Selain itu jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan budget yang dimiliki agar tidak melebihi pengeluaran yang telah ditentukan.

4. Pakai Layanan

Jika sudah memilih layanan atau paket berlangganan, tidak butuh waktu lama bagi anda untuk dapat menggunakan layanan tersebut. Adapun cara menggunakannya sangat mudah, karena aplikasi dihadirkan dengan interface yang mudah dimengerti. Mengikuti manual, Anda bisa memakai layanan untuk mencatat transaksi, menyesuaikan stok barang, variasi produk, dan lain sebagainya.

5. Ekstrak Laporan

Ketika sudah menggunakan layanan sistem POS selama periode tertentu, Anda bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut untuk membuat laporan yang berguna bagi bisnis. Adapun laporan yang bisa dibuat menggunakan data-data tercatat pada kasir pintar, yaitu laporan keuangan dan kebutuhan toko.

Caranya dengan ekstrak laporan sesuai kebutuhan usaha. Pada database yang telah disediakan, langsung saja klik tombol 'download' yang ada. Sehingga data selama satu periode bisa Anda peroleh, kemudian digunakan untuk melakukan analisis penjualan dan sebagai dasar pengambilan keputusan atas strategi bisnis selanjutnya.

Kemudahan penggunaan kasir pintar dalam mengelolah bisnisnya juga dirasakan oleh General Manager Starbox. Starbox sendiri sudah berdiri selama kurang lebih enam tahun lalu, tepatnya sejak tahun 2014.

Boy selaku General Manager Starbox mengungkapkan setelah menggunakan Olsera merasakan kepuasan terhadap fitur membership. Karena baginya sangat membantu untuk membangun relasi yang baik dengan customer.

Selain itu Olsera POS telah digunakan di seluruh cabang Starbox Group dan sangat terbantu sekali dengan adanya fitur-fitur lainnya yang ada di Olsera POS. Sekarang saatnya bisnis Anda naik level. Pilih Olsera POS yang memiliki fitur-fitur unggul agar penggunaan aplikasi kasir ini semakin praktis dalam menunjang pengelolaan bisnis. Adapun fitur-fitur lengkap dari Olsera bisa langsung dicek ke situs olsera.com.

(Content Promotion/Olsera)