Cisco Bantu Pengembangan Infrastruktur Digital BRI

Cisco Bantu Pengembangan Infrastruktur Digital BRI

Sponsored - detikInet
Rabu, 18 Mei 2022 11:01 WIB
Cisco dan BRI Kerja Sama
Foto: Cisco
Jakarta -

Cisco Systems Indonesia, sebagai perusahaan teknologi global, mendukung layanan perbankan nasional dengan turut mengembangkan infrastruktur digital yang lebih andal bagi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pengembangan ini menjadi salah satu kunci penting untuk menjamin ketersediaan layanan yang selalu siaga dan mudah diakses oleh nasabah di tengah pertumbuhan bisnis BRI yang melaju pesat.

Tak hanya itu, pemutakhiran jaringan pusat data dan layanan (data center) ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital perbankan di salah satu bank terbesar milik pemerintah tersebut.

Cisco bersinergi dalam mengembangkan data centre bagi BRI bersama perusahaan teknologi informasi, PT Bringin Inti Teknologi, yang merupakan entitas anak Dana Pensiun BRI, dan PT Satkomindo Mediyasa. Kerja sama ini menyepakati penggunaan data center berbasis software Cisco ACI dan Nexus Dashboard untuk meningkatkan dan memperluas kemampuan infrastruktur digital BRI. Transformasi ini juga akan menyederhanakan berbagai kerumitan teknologi, termasuk manajemen lisensi software.

Sinergi ini akan menciptakan arsitektur digital yang tangguh, adaptif, dan terukur. Artinya, operasional akan selalu bekerja secara optimal di tengah aktivitas transaksi perbankan yang terus berkembang, bahkan ketika menghadapi kemungkinan gangguan-gangguan pada jaringan. Dengan begitu, layanan BRI akan lebih sigap menjawab kebutuhan nasabah dan siap menghadapi berbagai tantangan digital.

Kerja sama tersebut secara resmi ditandatangani pada Rabu (11/5) di The Apurva Kempinski, Bali, oleh Country Managing Director Cisco Systems Indonesia Marina Kacaribu, Direktur Utama PT. Bringin Inti Teknologi Rudy S. Kartadidjaja, dan Direktur Utama PT. Satkomindo Mediyasa Nasrullah Iskandar. Penandatangan tersebut juga disaksikan oleh Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha secara virtual dan Executive Vice President IT Infrastructure & Operation BRI Yusron Avivi.

Country Managing Director Cisco Systems Indonesia Marina Kacaribu mengatakan berbagai tuntutan saat ini mengharuskan lini-lini bisnis untuk lebih cekatan dalam bidang digital. Namun, di saat yang sama, kompleksnya infrastruktur teknologi menjadi tantangan baru yang harus dihadapi bersama agar tidak berdampak pada prioritas utama, yaitu pengalaman nasabah

"Kami menyadari tuntutan bisnis saat ini mengharuskan kita untuk lebih agile dan digital first. Tentunya menjadi tantangan kita bersama untuk memudahkan manajemen kompleksitas infrastruktur teknologi. Harapan kami, melalui enterprise agreement ini, kami bisa memberikan value dan platform bagi kebutuhan BRI dalam manajemen lisensi software, dan memberikan peluang yang lebih banyak bagi BRI untuk berinovasi dalam bisnis, serta memudahkan operasional tim," ujar Marina.

Direktur Utama PT. Bringin Inti Teknologi Rudy S. Kartadidjaja mengatakan bahwa sinergi bersama Cisco Systems Indonesia ini merupakan kerja sama yang menguntungkan dalam memperkokoh bisnis BRI. Tak hanya akan meningkatkan network expertise yang akan memperkuat eksistensi digital dan teknologi informasi BRI, kolaborasi keduanya juga dapat mendukung peningkatan kapasitas nasional pada bidang infrastruktur jaringan digital dan teknologi informasi.

Direktur Utama PT. Satkomindo Mediyasa Nasrullah Iskandar menyampaikan kebanggaannya dalam mendukung BRI melalui kerja sama dengan Cisco Systems Indonesia. Dengan enterprise agreement ini, PT. Satkomindo Mediyasa semakin dimudahkan dalam memonitor dan mengelola penggunaan lisensi pada network data centre maupun unit kerja BRI. Selanjutnya, sinergi ini diharapkan dapat menciptakan peluang dan mendukung bisnis, serta memberikan layanan terbaik untuk seluruh nasabah BRI.

(Content Promotion/Cisco)