Integrasi Omnichannel Dashboard Bisa Katrol Kualitas Customer Service

Integrasi Omnichannel Dashboard Bisa Katrol Kualitas Customer Service

Sponsored - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 13:00 WIB
Tap Talk.io.
Foto: Tap Talk.io.
Jakarta -

Tidak ada alasan lagi bagi bisnis untuk mempertahankan sistem komunikasi multi channel. Selain tidak efektif dan berbiaya tinggi, multichannel menghasilkan delay dalam sistem layanan pelanggan. Layanan pelanggan yang tidak responsif seperti ini akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan bisnis.

Menurut CEO TapTalk.io Ritchie Nathaniel bisnis era modern akan kalah bersaing jika tidak beralih ke solusi yang lebih suportif seperti All-in-One Chat.

"Kami menyebutnya sebagai Omnichannel. Istilah untuk menata seluruh aplikasi messenger yang digunakan pelanggan bisnis ke sebuah dashboard terpusat. Pada dashboard platform omnichannel ini, perusahaan menempatkan agen customer service yang bertugas melayani, mengevaluasi dan menganalisis pelanggan," jelas Ritchie.

Solusi All-in-One Chat dari Taptalk.io menawarkan penyederhanaan pengelolaan sistem komunikasi bisnis. Di tengah perkembangan aplikasi chat, pelanggan cenderung menggunakan beragam media sosial. Bisnis yang beralih ke ranah digital harus mampu mengintegrasikan seluruh aplikasi yang digunakan pelanggan supaya tetap terus terhubung. Mengingat perbedaan platform chat tersebut maka akan sangat kompleks jika tidak ada dashboard yang mampu mengelolanya.

Apa yang ditawarkan oleh TapTalk.io melalui solusi Omnichannel-nya? Ritchie Nathaniel mengurutkan keunggulannya bagi perusahaan dan bisnis sebagai berikut.

Pertama, meningkatkan efektivitas customer service (CS). Pemusatan seluruh channel chat dari media sosial ke dashboard terpusat memungkinkan setiap pelanggan mendapat kualitas layanan komunikasi yang setara. Setiap aplikasi yang sudah terintegrasi ke dashboard akan dipantau oleh agen-agen customer service dan ditangani tanpa harus bolak-balik menggunakan aplikasi media sosial tersebut.

Kedua, meningkatkan kinerja agen CS. Jika pada sistem multichannel agen CS harus menangani setiap aplikasi chat satu per satu, maka sistem omnichannel memastikan mereka dapat bekerja di satu dashboard. Agen CS dapat saling mendistribusi tugas, saling mengisi atau mengoreksi kerja, menganalisis pelanggan secara lengkap, dan memberikan respon secara real time.

Ketiga, menciptakan pengalaman layanan pelanggan yang optimal. Dengan meningkatnya kinerja agen CS, maka dengan sendirinya pelanggan bisnis akan merasakan kualitas komunikasi. Respon cepat terhadap semua pesan yang masuk dari berbagai media sosial memungkinkan semua pelanggan terlayani tanpa adanya sesi tunggu yang lama.

Keempat, terintegrasi dengan channel media sosial. Dashboard All-in-One Chat dari TapTalk.io dapat terintegrasi dengan saluran chat populer, seperti WhatsApp, Telegram, FB Messenger, LINE, e-mail dan Instagram. Khusus Instagram, baru-baru ini TapTalk.io dapat mengintegrasikan-nya ke dalam dashboard setelah adanya Instagram DM API.

Layanan Integrasi Jangka Panjang untuk Memastikan Keberhasilan Sistem Omnichannel

PT. Tap Talk Teknologi menyediakan layanan ini kepada pelanggan dari beberapa segmentasi. Mengingat solusi All-in-One Chat cocok untuk bisnis di industri apapun, maka klien-klien mereka berasal dari perusahaan yang memiliki pelanggan dalam jumlah besar.

Ritchie menegaskan Taptalk.io melayani integrasi dalam skema jangka panjang. Mereka menawarkan platform OneTalk untuk integrasi dashboard omnichannel sekaligus terlibat di dalam proses maintenance, peningkatan sistem, dan penyelesaian masalah jika terjadi pada solusi yang ditawarkan.

(Content Promotion/TapTalk)