Begini Siasat agar Karyawan yang Mudik Tetap Produktif

Begini Siasat agar Karyawan yang Mudik Tetap Produktif

Sponsored - detikInet
Sabtu, 30 Apr 2022 17:02 WIB
Cisco/NTT
Foto: Dok. Cisco/NTT
Jakarta -

Setelah 2 tahun melakukan silaturahmi secara virtual dengan keluarga yang berada di tempat lain, di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah masyarakat Indonesia bisa mudik ke kampung halaman. Beberapa perusahaan juga memberikan keringanan untuk membawa cuti tahunan yang belum dimanfaatkan tahun kemarin untuk bisa dihabiskan di tahun ini.

Bagi mereka yang tidak merayakan Idul Fitri, banyak yang menggunakan libur panjang untuk pergi relaksasi sejenak setelah para asisten rumah tangga berpamitan untuk pulang kampung.

Meskipun sedang mudik atau berlibur, menjaga produktivitas kerja bukanlah halangan dengan adanya teknologi memadai. Terlebih bagi mereka yang masih berjibaku untuk penyelesaian proyek atau tugas yang harus diselesaikan tepat waktu.

Beberapa perusahaan bahkan banyak yang melakukan negosiasi bagaimana memanfaatkan libur Hari Raya ini tanpa mengurangi produktivitas karyawan. Koordinasi dan komunikasi tetap dilakukan untuk mengikuti perkembangan yang telah dibuat dengan rekan-rekan yang masih bertugas di lapangan.

2021 Global Workplace Report oleh NTT menunjukkan karyawan mendambakan kefleksibelan untuk dapat bekerja dari mana pun agar terus dapat produktif sekalipun 79% perusahaan percaya karyawan mereka lebih suka bekerja dari kantor daripada dari rumah. Faktanya, data menunjukkan hanya 38% karyawan yang lebih suka bekerja dari kantor, sedangkan 31% memilih bekerja dari rumah, sementara 31% lainnya ingin fleksibel di antara keduanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Cisco sebagai perusahaan terdepan penyedia solusi kolaborasi dan produktivitas percaya masa depan bekerja adalah kemudahan untuk bekerja di mana pun. Bagi Cisco, kerja adalah aktivitas yang tak terbatas soal tempat.

Cisco membantu transformasi tempat kerja agar benar-benar membantu produktivitas karyawan dan meningkatkan profitabilitas bagi bisnis dengan menyediakan berbagai solusi teknologi untuk hybrid work.

Berikut ini adalah solusi kolaborasi dari Cisco dalam menunjang hybrid working untuk employee on the go.

1. Cisco Webex

Cisco/NTT Foto: Dok. Cisco

Cisco Webex adalah salah satu aplikasi untuk semua kebutuhan calling, meetings, messaging, dan events dalam satu platform di cloud. Pemanfaatannya dapat menggunakan aplikasi maupun melalui web. Cisco Webex dapat secara cerdas menyesuaikan kondisi internet namun tetap memastikan tingkatan pengalaman dan tujuan berkolaborasi tercapai. Interface webex yang disederhanakan memudahkan semua generasi untuk saling berinteraksi.

2. Webex Calling

Cisco/NTT Foto: Dok. Cisco

Webex Calling merupakan solusi cloud telephony dan kolaborasi enterprise-grade yang ditawarkan melalui model subscription fleksibel yang disesuaikan dengan profil karyawan.

Dengan kemudahan sistem administrasi, keamanan, dan keandalan yang dapat dipercaya, Cisco menawarkan platform cloud telephony yang selalu aktif dan selalu terbaru sehingga Anda dapat melakukan komunikasi dengan client di mana saja dan kapan saja.

3. Professional Headset Cisco

Cisco/NTT Foto: Dok. Cisco

Cisco mengeluarkan headset dengan teknologi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dengan fitur seperti best-in-class noise isolation, vibrant audio, exceptional comfort dan terintegrasi penuh dengan Cisco Webex.

Perbedaan dengan headset yang lain, headset Cisco dapat dikelola bersama dengan semua perangkat Webex lainnya, dari satu platform di Control Hub atau Cisco Unified Communications Manager.

Tidak diperlukan perangkat lunak atau biaya layanan tambahan, karena siapa pun dapat melakukan tracing melalui headsets inventory tentang tipe headset yang dipakai, release software, status pemakaian bahkan sampai lamanya headset tersebut dipakai di perusahaan.

NTT Ltd. sebagai perusahaan layanan teknologi bersama dengan Cisco membantu perusahaan menerapkan strategi pemanfaatan solusi teknologi cerdas kolaborasi yang terintegrasi. Dengan menggabungkan kekuatan global dan otonomi lokal memberikan kemampuan untuk senantiasa memberikan solusi kolaborasi yang dapat mengikuti lingkungan unik perusahaan.

Baca lebih lanjut tentang 2021 Global Workplace Report | NTT dan unduh buku elektronik pedoman pemanfaatan solusi kolaborasi yang efektif dalam mendukung kerja hybrid work NTT Cisco Safety Hybrid Workplace E-Book.

(Content Promotion/Cisco/NTT)