5 Cara Mengetahui Kode Remot TV yang Tepat dan Praktis

ADVERTISEMENT

5 Cara Mengetahui Kode Remot TV yang Tepat dan Praktis

Sponsored - detikInet
Jumat, 11 Feb 2022 23:57 WIB
adv
Jakarta -

Jika Anda baru saja membeli remot TV universal, maka cara untuk mengetahui kode remot perlu dipelajari. Setelah mengetahui kode yang cocok untuk merek TV Anda, barulah remot universal tersebut bisa berfungsi.

Seperti untuk mengganti channel, menaikan dan menurunkan tingkat volume, membuka menu ataupun melakukan kontrol lainnya. Untuk memprogram remot universal, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah kode remot untuk TV LED, LCD ataupun tabung. Masing-masing biasanya terdiri dari tiga sampai lima digit.

1. Mencari Daftar Kode dari Buku Panduan

Seharusnya Anda akan mendapatkan buku panduan setiap kali membeli remot TV universal baru. Didalam buku panduan tersebut, biasanya berisi langkah-langkah untuk memprogram remot TV, termasuk daftar kode remot TV LG, Samsung, Sharp dan merek lainnya.

Setiap merek TV juga memiliki beberapa variasi kode, jadi Anda perlu mencoba setiap variasi yang ada sampai remot universal benar-benar berfungsi dengan baik. Karena kerap kali, jika salah memasukan kode maka akan ada beberapa tombol remot yang error.

2. Mencari Kumpulan Kode Remot di Jendelatv.com

Cara paling mudah dan cepat yang bisa dicoba untuk mengetahui kode remot TV adalah mencarinya langsung di internet. Hanya tinggal menyesuaikan dengan merek dan model TV Anda, maka secara cepat akan langsung ketemu.

Salah satu situs yang menyediakan kode remot TV adalah www.jendelatv.com. Disana sudah tersedia berbagai kode untuk merek TV populer di indonesia, termasuk Polytron, Sharp, LG, Toshiba, Coocaa dan Panasonic.

Selain itu, JendelaTV.com menyediakan informasi lengkap seputar tips elektronik, termasuk televisi, mesin cuci, parabola, frekuensi siaran TV dan topik terkait lainnya. Anda hanya perlu menggunakan kolom pencarian untuk menemukan kode remot yang Anda cari.

3. Menanyakan Informasi Kode ke Layanan Pelanggan Remot Universal Anda

Menghubungi customer support dari merek remot universal yang digunakan juga bisa menjadi solusi jika ingin mengetahui kode yang cocok untuk TV Anda. Tetapi Anda harus memberikan informasi yang benar dan lengkap mengenai tipe atau model TV yang digunakan.

Hal ini bertujuan agar customer support bisa memahami keluhan atau pertanyaan yang Anda ajukan sehingga bisa meresponnya secepat mungkin. Pastikan untuk mencatat model dari remot universal yang biasanya ada dibagian tutup baterai untuk berjaga-jaga jika ditanya mengenai itu.

4. Cari Informasi di Forum Online

Banyak sekali forum online yang bisa ditemukan dengan mudah dan bahkan memiliki pengguna yang cukup banyak. Untuk mengetahui kode tv universal yang benar, selain dengan 3 cara diatas, Anda juga bisa menanyakannya ke forum online yang membahas seputar televisi dan barang elektronik.

5. Memprogram Remot Universal Secara Otomatis

Belum banyak yang tahu, bahwa ternyata remot TV universal bisa di setting secara otomatis yang nantinya bisa menemukan kode remot yang paling cocok untuk TV Anda secara otomatis dengan menekan beberapa kombinasi tombol pada remot.

Yaitu dengan menekan dan menahan tombol [SET] diremote TV, setelah itu tekan tombol [Power] hingga lampu warna merah diremot TV universal menyala. Lalu, arahkan remot ke TV dan tekan tombol [Volume+/Volume-] hingga TV merespon.

Walaupun praktis, akan tetapi cara ini seringkali tidak berfungsi untuk beberapa merek dan model televisi. Kesimpulannya, kelima cara diatas bisa menjadi solusi bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mencari kode remot TV yang tepat.

(Tagsite/jendelatv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT