Kartu Grafis Laris Manis, Asus Bagi-bagi Bonus Besar

Kartu Grafis Laris Manis, Asus Bagi-bagi Bonus Besar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 23 Jan 2022 18:08 WIB
Nvidia RTX 3050
Ilustrasi kartu grafis Nvidia Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Tahun 2021 diwarnai dengan krisis chip global yang membuat kartu grafis atau GPU menjadi barang langka dan harganya melonjak gila-gilaan. Di saat konsumen kesulitan mendapatkan kartu grafis, perusahaan seperti Asus justru meraup cuan besar dan bisa membagikan bonus ke karyawannya.

Berdasarkan laporan media China MySmartPrice, Asus diketahui meraup pendapatan sebesar USD 19,3 miliar pada tahun 2021. Angka ini menunjukkan kenaikan 30% dari tahun sebelumnya dan merupakan pendapatan tertinggi mereka sejak tahun 2010.

Karena pencapaian itu, perusahaan asal Taiwan itu membagikan bonus hingga USD 55.000 atau sekitar Rp 788 juta untuk karyawannya. Mereka juga membagikan hadiah dalam bentuk mobil dan uang tunai untuk karyawannya, seperti dikutip dari Digital Trends, Minggu (23/1/2022).

Tidak diketahui berapa banyak karyawan yang kecipratan bonus ini. Asus sendiri mempekerjakan 14.700 karyawan di seluruh dunia, jadi kemungkinan tidak semuanya mendapatkan bonus yang sama.

Kenaikan pendapatan Asus pada tahun 2021 berasal dari dua sumber. Pertama dari tingginya permintaan terhadap laptop dan PC karena kebutuhan untuk belajar dan bekerja dari rumah.

Kedua dari penjualan kartu grafis untuk kebutuhan menambang kripto. Asus memang menjadi mitra Nvidia dan AMD untuk menjual kartu grafis flagship mereka yang sudah di-custom.

Kartu grafis ini dijual di bawah brand ROG. Karena faktor kelangkaan, kartu grafis RTX 30 series dan RX 6000 series yang dijual Asus harganya meningkat sampai dua kali lipat.

Biasanya kartu grafis ini menjadi barang yang paling diincar oleh gamer. Tapi karena popularitas kripto yang terus meningkat, penggiat kripto juga ikut memborong kartu grafis untuk kebutuhan menambang.

Karena tren ini, beberapa produsen chip sampai membuat kartu grafis khusus untuk menambang kripto. Seperti Nvidia yang memodifikasi RTX 3080 dan RTX 2060 untuk menambang kripto.

Krisis kartu grafis sendiri diperkirakan masih akan berlanjut di tahun 2022. Jadi gamer yang belum berhasil mendapatkan kartu grafis impiannya harap lebih bersabar.



Simak Video "Create with ASUS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)