SuperlativeSS Ajak Seniman Lokal Jual Karya dengan NFT

SuperlativeSS Ajak Seniman Lokal Jual Karya dengan NFT

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 15:12 WIB
SuperlativeSS, pemain NFT lokal.
Foto: SuperlativeSS
Jakarta -

Non Fungible Token (NFT) kini tengah tren di masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi. Hanya saja, tak sedikit yang mengetahui apa itu NFT dan bagaimana cara menggunakannya, khususnya para pelaku seniman.

NFT adalah aset digital yang dapat diperjualbelikan dengan mata uang kripto. NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Superlative Secret Society (SuperlativeSS) yang merupakan pemain NFT asli lokal melakukan sosialisasi seputar NFT kepada para seniman lokal Indonesia dengan bekerjasama dengan Jimbaran Hub lewat Superlative Gallery.

Dalam edukasi NFT ini, Superlative SS mengadakan pembahasan NFT dengan seniman dan tokoh yang bergelut di blockchain.

"Kami melakukan sosialisasi NFT bekerjasama dengan Jimbaran Hub, untuk bertemu dan mengajak seniman lokal di Bali. Kami ingin membagikan banyak informasi menarik seputar karya seni digital," ujar Prasetyo Budiman, CEO & Founder SuperlativeSS, dalam keterangan kepada detikINET, Rabu (12/1/2022).

Di sesi pertama, keempat founder SuperlativeSS yang terdiri dari Prasetyo Budiman, Moh Arif Wijaksana, Adam Adha, dan Faatih Rifqi Muqaffi akan saling berbagi informasi seputar dunia NFT, membagikan beberapa pencapaian SSS sekaligus cerita di balik terbentuknya komunitas NFT tersebut.

Pada sesi kedua, SuperlativeSS memperkenalkan sekaligus mengedukasi masyarakat seputar dunia seni digital seperti NFT, sebagai wadah terbuka bagi setiap seniman untuk memperkenalkan hasil karya seni mereka.

Terkait pencapaian, keberhasilan SuperlativeSS dalam menjual 11.110 avatar karya seni koleksi pertamanya, yang ludes hanya dalam kurun waktu 2 menit. Atas tren positif ini, harga per gambar NFT yang dijual SuperlativeSS di sejumlah platform blockchain menembus angka 0,24 ETH atau sekitar hampir USD 1.000 per gambarnya.

Meskipun tengah menaiki tangga popularitas, SuperlativeSS berkomitmen untuk mengedukasi seputar NFT di Indonesia. Harapannya agar karya seniman Indonesia dapat dipasarkan hingga luar negeri dengan diikuti tren teknologi terkini.



Simak Video "Sssstt.. Ini Rahasia NFT Jadi Cuan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)