Nasib Malang Jack Ma di 2021, Hilang Harta Rp 527 Triliun

Nasib Malang Jack Ma di 2021, Hilang Harta Rp 527 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 31 Des 2021 20:08 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma kembali tiarap setelah sempat hilang dari publik, mengapa demikian?
Jack Ma. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Pada tahun 2021, Jack Ma kelihatannya sudah cukup bebas setelah cukup lama menghilang. Ia bisa keluar negeri dengan pelesir ke Eropa. Akan tetapi soal harta, pendiri Alibaba ini memang bernasib malang.

Jack Ma dulu konsisten sebagai orang terkaya di China. Namun predikat itu sudah tak lagi berada di tangannya karena harta kekayaannya anjlok pasca dijegal oleh pemerintahan Presiden Xi Jinping, semenjak pidatonya yang mengkritik sistem keuangan China.

"Ma, yang dulu orang terkaya China dan salah satu taipan yang paling banyak bicara, menghabiskan tahun 2021 di luar pandangan publik setelah regulator mengambil tindakan tegas pada perusahaannya," tulis Forbes yang dikutip detikINET, Jumat (31/12/2021).

Pemerintah China telah membatalkan IPO Ant Group yang diprediksi mengumpulkan USD 35 miliar. Kemudian, mereka mendenda Alibaba senilai USD 2,8 miliar atas tudingan melanggar aturan anti monopoli.

Kapitalisasi pasar Alibaba pun turun 46% tahun ini yang berdampak langsung pada kekayaan Jack Ma. Secara total menurut Forbes, Jack Ma kehilangan USD 37 miliar atau di kisaran Rp 527 triliun di tahun 2021 ini.

"Kekayaan Jack Ma turun secara dramatis dari puncaknya. Dahulu, harta Jack Ma adalah USD 66,6 miliar ketika saham Alibaba mencapai titik tertinggi sekitar USD 317 per lembar pada Oktober 2020," sebut Forbes.

Adapun misi baru Jack Ma sepertinya adalah bukan lagi bisnis melainkan untuk membantu pendidikan di pedesaan China dan juga para petani, dengan tetap low profile. Hal ini ia tuliskan secara khusus dalam surat yang dikirim pada Xi Jinping.

"Jack Ma menulis secara langsung pada Xi di awal tahun ini untuk menawarkan pengabdian seluruh hidupnya untuk mendidik warga pedesaan, menurut sumber pemerintah yang mengatakan sang presiden membicarakan surat itu," tulis Reuters.



Simak Video "Jack Ma yang Menghilang Lalu Muncul Lagi Sudah Direncanakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)