5 Jurus Mimpi Digital 2022 yang akan Semakin Menarik

Kolom Telematika

5 Jurus Mimpi Digital 2022 yang akan Semakin Menarik

- detikInet
Sabtu, 25 Des 2021 19:15 WIB
Ilustrasi Bisnis Online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di balik pandemi COVID-19 yang masih terjadi sampai saat ini, ada beberapa peluang yang terbuka untuk para pebisnis.

Kita seharusnya dapat membuat new opportunity yang memberi keberuntungan dalam penciptaan value baru, meski dalam situasi tekanan berkehidupan waspada terhadap COVID-19, new opportunity tersebut harus diambil oleh putera puteri terbaik Indonesia.

Ada beberapa hal menarik yang saya rasakan, saat membaca sebuah Business Plan 2022, yaitu:

1. Data Pelanggan

Dalam strategy membangun ekosistem saat ini, apapun dan dimanapun, pada titik awal ingin memulai, dari pengalaman selama 3 dekade mengabdi, yang terpikir pertama kali adalah berapa besar data pelanggan, seperti disampaikan dalam buku saya Synergy Way of Disruption.

Pertempuran data pelanggan, tidak terelakkan pada 2022. Mulai dari global player yang semakin menguasai, hingga dimulainya kesadaran local player terhadap pentingnya data pelanggan, sampai kepada outlet-outlet kecil, mereka berusaha keras menambah data pelanggannya.

Data pelanggan dilindungi dalam Undang-Undang, big data atau apapun namanya, ke depan inovasi customer relation akan semakin menarik. Maka 2022 adalah tahun data pelanggan.

2. Free Cash Flow

Aliran kas bebas, biasa dikenal dengan free cash flow, dimana dapat diartikan aliran kas yang tersedia untuk dapat dibagikan kepada para pemegang saham atau pemilik setelah perusahaan melakukan investasi pada fixed asset (aktiva tetap) dan working capital (modal kerja) yang diperlukan untuk kelangsungan usahanya.

Dalam era COVID-19 sekarang, kekuatan free cash flow sangat menjadi penting, terjadi banyak pergeseran dalam lansdscape ekosistem industri. Kebutuhan manusia yang utama telah banyak berubah, intinya recovery plan yang terlambat dalam setiap perusahaan akan membuat kehancuran, maka tahun 2022 adalah tahun merger dan acquitition, akan semakin sering kita dengar.

3. Profitabilitas

Jangan coba-coba untuk memulai inovasi atau apapun namanya, termasuk dalam existing bisnis, dimulai dengan jurus membakar uang, roadmap bisnis memprioritaskan profitabilitas menjadi hal yang sangat penting dalam inovasi modern. Apakah ingin penciptaan pelanggan yang loyal, atau sebaliknya. Pelanggan yang loyal sekarang karena belief dari experience merk atau brand yang dibangun, sedang pelanggan yang tidak loyal justru karena image yang dibentuk dari strategy bakar uang. 2022 pertempurannya adalah soal kepercayaan, mereka yang dipercaya pasti akan mendatangkan profit, maka kepercayaan menjadi barang mahal karena akan lurus dengan profit.



Simak Video "Kominfo Kaji Aturan Denda untuk Pelanggar Perlindungan Data Pribadi"
[Gambas:Video 20detik]