Ada 6 Juta Paket Per Hari, Berapa Banyak Sampah Kardus Kita?

Ada 6 Juta Paket Per Hari, Berapa Banyak Sampah Kardus Kita?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 23 Des 2021 19:31 WIB
ilustrasi paket ecommerce
Paxel: Ada 6 Juta Paket per Hari, Berapa Banyak Sampah Kardus? Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menurut estimasi, ada 6 juta paket yang dikirimkan di Indonesia. Berapa banyak sampah kardus yang kita miliki sekarang?

Paxel pun menganggap hal ini sebagai tantangan serius untuk menjaga lingkungan. Komitmen Paxel diungkap langsung oleh Rezka Ilhamsyah, EVP Growth & Marketing Paxel.

"Salah satu sampah yang dihasilkan dari belanja online adalah kardus. Dengan estimasi ada 6 juta paket per hari di Indonesia, bayangkan berapa sampah kardus yang dihasilkan setiap rumah. Konsumsi bahan kardus yang tidak bisa didaur ulang secara terus menerus akan meningkatkan jejak karbon yang berdampak pada pemanasan global," ucapnya dalam keterangan kepada detikINET, Kamis (23/11/2021).

Untuk pelaku UMKM, Paxel memutuskan menghadirkan solusi kardus eco friendly yang food grade, reusable dan tahan air bekerjasama dengan ALVABoard. Dengan struktur yang lebih kuat, Rezka yakin ini bisa menjadi pilihan untuk mengirimkan produk makanan termasuk frozen, fresh, dan cold food dalam kondisi segar, aman dikonsumsi, serta tanpa mencemarkan lingkungan jika dikelola dengan baik.

"Manfaat lain menggunakan kardus baru ini adalah ALVAboard siap beli lagi kardus bekas customer untuk menghindari waste berakhir di TPA dan tidak dikelola dengan baik," sambung Rezka.

Rezka menambahkan bahwa mulai akhir Desember ini, kardus ALVAboard bisa didapat customer dengan menambahkan add-on saat pembuatan shipment di aplikasi Paxel.

"Pentingnya food grade adalah melindungi makanan dari bakteri, jamur, dan juga suhu luar yang rentan membuat busuk. Dimulai dengan bertanggung jawab dengan apa yang dikirimkan ke pembeli, meskipun terlihat kecil tapi akan membawa dampak yang sangat baik untuk bumi, alam, dan keluarga kita di masa depan. Paxel sebagai bagian dari ekosistem belanja online akan terus mengedukasi pentingnya membangun kesadaran ini," tandasnya.



Simak Video "Tekan Angka Stunting, Bulog Sebar 3.000 Paket Makanan di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)