Pengguna Aktif Line Tembus 200 Juta Per Bulan

Pengguna Aktif Line Tembus 200 Juta Per Bulan

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 15 Nov 2021 09:15 WIB
CTO dan Direktur Line Euivin Park
CTO dan Direktur Line Euivin Park. Foto: Line
Jakarta -

Line Developer Day rampung digelar. Ajang tahunan ini tidak saja menampilkan teknologi dan inovasi anyar, diungkap pula pengguna Line yang tembus 200 juta per bulan.

Perhelatan yang digelar 10-11 November itu dimulai dengan opening keynote CTO dan Direktur Euivin Park tentang inisiatif perusahaan yang dilakukan di masa lalu, sekarang, dan masa depan untuk memecahkan masalah sesuai perubahan yang terjadi di dalam lingkungan bisnis internal dan eksternal.

Park membandingkan aplikasi Line ketika pertama kali diluncurkan 10 tahun lalu dengan perkembangannya menjadi sebuah platform besar seperti sekarang. Dia pun menunjukkan kompleksitas dan tantangan yang dihadapi Line.

"Ada 400.000 pesan yang diterima server per detik. Sebanyak 2,48 juta saluran yang dibuka di Line, seperti layanan official account. Terdapat 72 miliar koneksi antara pengguna Line atau tautan simpul, dan 11 petabyte jumlah data media (seperti gambar dan video) yang dipertukarkan oleh pengguna setiap hari," papar Park.

Dalam kesempatan yang sama, Shinichiro Isago, CEO Line AI Company memaparkan perkembangan terbaru teknologi HyperCLOVA, termasuk demonstrasi kemampuan HyperCLOVA Studio yang dapat menghasilkan kalimat yang halus dan sesuai berdasarkan konteks sejumlah data. Dalam demo tersebut, Isago meminta HyperCLOVA Studio untuk membuat deskripsi pemasaran kreatif berdasarkan spesifikasi sebuah produk.

Isago juga menunjukkan bagaimana pengguna dapat menyesuaikan pengaturan seperti "Suhu", "Langgaran Pengulangan", dan "Token Maksimum", untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

HyperCLOVA Studio akan menjadi salah satu layanan yang ditawarkan untuk situs e-commerce yang ingin memberikan penjelasan mengenai sebuah produk dan copywriting tentang produk/layanan mereka kepada pelanggan. Perusahaan juga berencana untuk membuka pra-peluncuran bagi pengembang untuk melakukan uji coba dalam waktu dekat.

Sementara itu Yusuke Yoneyama, pejabat eksekutif LVC Corporation sempat membahas mengenai Blockchain NFT Market. Sejak Bulan Agustus 2020, LVC telah mengoperasikan Line BITMAX Wallet, dompet digital untuk mengelola aset digital seperti NFT yang diterbitkan di LIne Blockchain.

Pada Bulan Juni 2021, dengan tujuan untuk memperluas ekonomi token dan ekosistem blockchain diperkenalkan LINE Blockchain NFT Market beta yang memungkinkan perdagangan NFT dalam Line BITMAX Wallet.

Pada bulan September, Line mengumumkan akan mendistribusikan koleksi Line Friends NFT kepada pengguna yang berpartisipasi dalam acara kuis yang diadakan di platform Line de Oubo. "Lebih dari 170.000 Line Friends NFT didistribusikan ke pengguna di Jepang, dan lebih dari 80 persen dari pengguna tersebut belum pernah memiliki aset blockchain," kata Yoneyama.



Simak Video "Pesan Pemerintah Sebelum Kalian Investasi Kripto"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)