Terkaya di Dunia, Satu Bisnis Elon Musk Setara 100 Unicorn!

Terkaya di Dunia, Satu Bisnis Elon Musk Setara 100 Unicorn!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 29 Okt 2021 20:48 WIB
FILE PHOTO: Tesla Chief Executive Office Elon Musk speaks at his companys factory in Fremont, California, U.S., June 22, 2012.   REUTERS/Noah Berger/File Photo
Elon Musk Terkaya di Dunia, Satu Usaha Saja Nilainya Setara 100x Unicorn! Foto: Reuters
Jakarta -

Elon Musk orang terkaya dunia. Satu dari usahanya yang bejibun saja sudah bernilai 100 Unicorn. Beberapa waktu lalu, harta pria kelahiran Afrika Selatan itu adalah USD 241 miliar atau lebih dari Rp 3.400 triliun, menurut Bloomberg Billionaires Index dan kekayaannya terus menanjak. Baru-baru ini, hartanya sudah menyentuh Rp 4.000 triliun.

Didirikan pada tahun 2002, perusahaan yang bergerak di bidang antariksa ini Elon Musk menjadi saham Unicorn pada 2012. Jadi tidak asal, ada proses hampir satu dekade untuk mencapai USD 1 miliar dalam penilaian pasar.

Awal bulan ini, SpaceX melewati tonggak sejarah lain, tumbuh 100 kali lagi untuk mencapai USD 100 miliar dalam kapitalisasi pasar. Jika SpaceX terus tumbuh pada tingkat ini, perusahaan dapat mencapai penilaian USD 1 triliun sebelum akhir dekade ini. Edan, edan!

Seperti yang dilaporkan CNBC, Jumat (29/10/2021) SpaceX telah setuju untuk menjual saham mereka senilai USD 755 juta kepada investor luar dengan harga USD 560 per saham dalam penjualan saham pribadi. Pada harga itu, semua saham yang saat ini (secara pribadi) beredar di perusahaan akan bertambah menjadi nilai gabungan sebesar USD 100,3 miliar, sebagaimana dilansir The Motley Fool.

Bagaimana SpaceX mencapai nilai USD 100 miliar

SpaceX mencapai penilaian ini setidaknya dari dua hal yang menonjol: Starlink, sebuah sistem untuk menyediakan internet broadband ke Bumi melalui konstelasi 1.700 satelit yang terus bertambah dan Starship, sistem pendorong dan peluncuran pesawat ruang angkasa eksperimental yang dapat digunakan kembali yang diharapkan dapat mengangkat muatan 100 metrik ton atau lebih ke orbit setelah beroperasi.

SpaceX percaya bahwa kedua sistem ini -- dengan bantuan sedikit tambahan pendapatan dari peluncuran satelit Falcon 9 dan penerbangan wisata ruang angkasa sesekali -- akan menghasilkan penjualan SpaceX sebanyak USD 36 miliar pada tahun 2025, walaupun angka ini masih belum tentu bisa terealisasikan.



Simak Video "Harta Elon Musk Kini Tembus Rp 4.000 Triliun!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)