Thai Trade Center Ekspansi Pasar Indonesia Lewat e-Commerce Blibli

Thai Trade Center Ekspansi Pasar Indonesia Lewat e-Commerce Blibli

Khoirul Anam - detikInet
Rabu, 22 Sep 2021 21:25 WIB
Blibli
Foto: Blibli
Jakarta -

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia terbilang gemilang. Data yang pernah dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa terdapat 2.100 perusahaan rintisan atau startup di Indonesia dengan nilai transaksi mencapai USD 18,3 miliar dari para pengguna e-commerce pada 2020.

Kondisi ini menempatkan Indonesia sebagai pemimpin ekonomi digital di Asia Tenggara. Hal tersebut memikat negara lain untuk menjalin kerja sama, salah satunya negeri gajah putih Thailand yang mulai terealisasi per tahun ini.

Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP) melalui Thai Trade Center, Jakarta bekerja sama dengan e-commerce lokal Blibli per September 2021. Adapun bentuk kerja sama tersebut dengan meluncurkan toko resmi TOPTHAI.

Direktur Jenderal, Deputi Departemen Promosi Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Thailand, Nantapong Chiralerspong mengatakan peresmian toko di Blibli merupakan wujud komitmen untuk meningkatkan hubungan erat antara Indonesia dan Thailand melalui dukungan ekonomi.

Ia pun optimis, kedua pihak akan tumbuh dan berkembang bersama serta berkontribusi dalam mengembangkan hubungan diplomatik antara Thailand dan Indonesia.

"Pelanggan di Indonesia dapat memperoleh produk Thailand melalui toko online resminya di Blibli, dan begitu juga sebaliknya," ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

BlibliBlibli Foto: Blibli

CEO dan Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto, menyambut baik kerja sama ini. Ia mengatakan dengan dukungan teknologi digital terdepan, Blibli mampu menawarkan berbagai pilihan produk dengan cakupan 20 kategori, mulai dari kebutuhan primer, elektronik, hingga kebutuhan gaya hidup lainnya.

Kusumo berharap kemitraan ini akan membuka banyak peluang bagi penjual Indonesia dan Thailand untuk menjangkau pelanggan potensial di kedua negara.

"Kami percaya inovasi adalah kunci dalam memandu industri yang dinamis khususnya dalam melayani pelanggan dengan lebih baik, dan kolaborasi yang dapat membuat hal ini berkelanjutan," tandasnya.

Dalam acara tersebut, diadakan juga webinar dengan mengundang PT Eakindo Mitra Sastari dan PT Necturist Indonesia sebagai perwakilan dari distributor produk Thailand yang beredar di Indonesia. Keduanya sepakat, kerja sama antara TOPTHAI dan Blibli dapat meningkatkan daya beli dan mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan produk-produk khas Thailand.

BlibliBlibli Foto: Blibli

Sebagai informasi, melalui TOPTHAI di Blibli, konsumen dapat menemukan snack, minuman, dan buah-buahan khas Thailand. Selain itu, konsumen dapat menemukan bahan-bahan masakan khas Thailand, serta produk pendamping make-up, gaya hidup, dan kecantikan.

(mul/mul)