Line Bank Segera Hadir di Indonesia

Line Bank Segera Hadir di Indonesia

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 19:42 WIB
The logo of free messaging app Line is pictured on a smartphone in this photo illustration taken in Tokyo September 23, 2014. REUTERS/Toru Hanai/Illustration/File Photo
Foto: Reuters/Toru Hanai
Jakarta -

Line, yang terkenal dengan aplikasi chatnya, memastikan akan segera meluncurkan platform perbankan digital di Indonesia. Ini berarti Line Corp. yang berbasis di Jepang akan menawarkan layanan perbankan di tiga pasar luar negeri terbesarnya: Indonesia, Thailand dan Taiwan.

Platform perbankan Indonesia Line Corp. adalah hasil kemitraan Line pada tahun 2018 dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, anak perusahaan Hana ZBank Korea Selatan.

Line Corp. setuju untuk mengakuisisi 20% dari PT Bank KEB Hana Indonesia, menjadikannya pemegang saham terbesar kedua bank tersebut. Melalui kerja sama ini, Line menggarap layanan perbankan online, termasuk rekening deposito, produk kredit mikro, dan layanan pengiriman uang dan pembayaran.

"Line Bank akan dirilis pada paruh pertama tahun ini, hanya tanggal pastinya belum bisa kami informasikan. Pada 31 Mei kemarin, kami mempublikasikan teaser promo Line Bank di mana kami membuka program pre-registrasi," kata Direktur Perbankan Konsumer PT Bank KEB Hana Indonesia Anton Hermawan.

Nantinya, 10.000 pendaftar dan pemilik rekening pertama akan mendapatkan cashback Rp 300.000 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Line lebih dulu memperkenalkan layanan perbankan kepada pengguna di Thailand Oktober lalu, sebagai bagian dari usaha patungan dengan Kasikorn Vision Company, anak perusahaan dari Kasikorn Bank. Di Taiwan, anak perusahaannya, Line Bank Taiwan, diberikan lisensi perbankan awal tahun ini oleh Komisi Pengawas Keuangan di negara tersebut.

Berdasarkan laporan Momentum Works, unduhan aplikasi perbankan digital di Indonesia tumbuh 7% pada tahun 2020, dengan aplikasi dari bank-bank seperti BTPN Jenius, OCBC Nyala dan Permata.

Namun Momentum Works juga mengamati bahwa banyak pengguna bank digital di Indonesia cenderung mengunduh lebih dari satu aplikasi bank digital sehingga belum ada pemain dominan. Perusahaan teknologi besar seperti Sea Group, Grab, dan Gojek juga menggarap layanan neobank mereka sendiri. Kehadiran Line Bank di Indonesia nantinya akan semakin meramaikan persaingan ini.


* Artikel ini telah dikoreksi dengan menambahkan update bahwa Line Bank baru akan tersedia di Indonesia pada paruh pertama tahun ini.

(rns/rns)