Berkat Tokopedia, 2 Produsen Asal Makassar Bisa Dorong Ekonomi Daerah

Berkat Tokopedia, 2 Produsen Asal Makassar Bisa Dorong Ekonomi Daerah

Inkana Putri - detikInet
Sabtu, 29 Mei 2021 23:08 WIB
Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Kehadiran e-Commerce memang berdampak terhadap peningkatan usaha di Indonesia. Salah satunya seperti Inisiatif hyperlocal Tokopedia yang berdampak positif bagi para pelaku usaha lokal, termasuk Kopiapi dan Comextra Cashew asal Makassar.

"Selain bisa mempertahankan usaha di tengah pandemi, inisiatif ini juga mendorong pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, menggerakkan ekonomi daerah lewat pemanfaatan teknologi," ujar Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/5/2021).

Pendiri Kopiapi Coffee Roaster Rachwan Arna Odenjar (Wawan), Haidir (Didit) dan Asmar Asing mengawali usaha di Makassar dengan menjual biji kopi berkualitas dari beberapa wilayah di Indonesia, seperti Sulawesi, Bali, dan Sumatera. Untuk memaksimalkan penjualannya, Asmar menyampaikan dirinya memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.

Di masa pandemi, Asmar mengaku usaha Kopiapi turut merasakan dampak yang besar, bahkan omzet penjualan Kopiapi menurun drastis hingga 90%. Meski demikian, Asmar mengatakan Kopiapi tetap optimis dan mulai mengandalkan penjualan online di Tokopedia untuk memastikan usahanya tetap berjalan.

"Melalui Tokopedia, produk saya bisa dinikmati pelanggan tidak hanya di Makassar, tetapi di seluruh Indonesia. Kami juga mencatat kenaikan pesanan hampir 2x lipat pada kuartal 1 2021 jika dibandingkan dengan kuartal 4 2020," ungkapnya.

Tak hanya itu, keberhasilan usaha Kopiapi ternyata juga turut berdampak positif bagi para petani lokal. Pasalnya, Kopiapi turut berkolaborasi bersama para petani untuk memproses biji kopi pilihan yang bercita rasa khas dan otentik.

Selain pelaku UMKM, pemanfaatan Tokopedia juga dilakukan oleh eksportir Comextra Majora untuk menjangkau pasar di Indonesia.

Tim Retail Comextra Majora, Cindy Wisan mengatakan sejak 2018, pihaknya telah menggunakan Tokopedia untuk memasarkan sekaligus mengedukasi produk kacang mete miliknya ke masyarakat Indonesia.

"Sejak 2018, kami mulai membidik pasar lokal dan membentuk unit usaha Comextra Cashew, yang fokus memasarkan produk kacang mete dan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kacang mete berkualitas ekspor. Kami pun mulai memanfaatkan Tokopedia sebagai salah satu strategi pemasaran produk," katanya.

Berkat Tokopedia, Cindy mengaku bisnisnya juga mengalami peningkatan, bahkan hampir 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya

"Berkat fitur seperti Broadcast Chat, Bebas Ongkir, TopAds, serta kampanye seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), kami turut mencatat kenaikan pesanan di Tokopedia hampir 4x lipat pada kuartal 1 2021 jika dibandingkan dengan kuartal 4 2020," tambah Cindy.

Melalui bisnisnya, Cindy bersama tim pun turut membuka peluang usaha, termasuk ibu rumah tangga sebagai upaya untuk menyejahterakan masyarakat.

"Kami juga bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat, seperti ibu rumah tangga, yang mulai membeli produk kami dalam jumlah besar untuk kemudian diolah dan dijual kembali. Artinya, produk kami bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lain," tutup Cindy.



Simak Video "Survei: Tokopedia Jadi Pilihan Utama UMKM Jualan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)