Mengenal Gree, Produsen AC Terbesar di Dunia

Mengenal Gree, Produsen AC Terbesar di Dunia

Nadhifa Sarah Amalia - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 13:29 WIB
Gree
Foto: Gree
Jakarta -

Peralatan elektronik rumah tangga tidak dapat dipisahkan dengan pendingin ruangan atau AC. Pastinya, dalam memilih AC yang tepat, kita mengandalkan merek-merek terkenal di dunia. Salah satu merek terkenal yang sudah dipercaya adalah AC Gree.

Berasal dari China, produsen AC Gree Electric Appliances, Inc. of Zhuhai merupakan pelopor perkembangan teknologi AC di perindustrian pendingin udara dunia. Tidak kalah dengan kualitas AC merek Jepang lainnya, Gree berinovasi dan menghasilkan produk berkualitas yang telah diakui secara global. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya inovasi paten dunia yang sudah didapatkan Gree selama ini, yakni sebanyak 79.900 paten teknologi dan 40.714 paten reka cipta.

GreeGree Foto: Gree

Sejarah AC Gree

Berhasil meraih pangsa pasar lebih dari 20% di dunia, Gree yang berpusat di Zhuhai, China telah menjadi produsen AC terbesar di dunia sejak berdiri tahun 1991. Dimulai pada tahun 1997, Gree membuat AC dengan komponen yang sangat kecil dan penjualan produknya mulai merambah ke daerah, hingga berhasil menjadi perusahaan nomor satu dalam kapasitas produksi dan volume penjualan AC residensial selama 14 tahun berturut-turut sejak 2005.

Memiliki total 14 pabrik yang tersebar di China, Brazil dan Pakistan, Gree telah mendapatkan kepercayaan konsumen atas kualitas produknya dengan tetap menjadi pilihan 400 juta pengguna global di 160 negara dan regional.

Selain produk AC residensial, pada tahun 2011 Gree memproduksi AC Komersial Inverter DC efisiensi tinggi pertama di dunia, dan produk Gree Photovoltaic DD Inverter Centrifugal Chiller dinilai sebagai produk pendingin udara komersial 'yang pertama dan terkemuka di dunia' dari segi teknologi mutakhir yang ditawarkan.

Untuk mendukung perkembangan teknologi, Gree terus melakukan inovasi di bidang pendingin udara yang pastinya didukung oleh lebih dari 15 ribu insinyur handal yang terus-menerus melakukan riset di 16 institut dan 126 pusat penelitian yang telah dikembangkan oleh Gree .

Atas dedikasinya yang tinggi, CEO Gree Dong Mingzhu diangkat oleh PBB sebagai "Ambassador of Sustainable Urban Development" pada tahun 2014. Bahkan mulai dari tahun 2004, Dong Mingzhu telah terpilih lebih dari 14 kali masuk dalam daftar "50 Most Powerful Women in Business" oleh majalah Fortune.

Gree di Market Indonesia

Sejalan dengan visi dan misi Gree yakni membangun perusahaan pendingin udara yang awet dan berkelanjutan, serta menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk kehidupan manusia, Gree mulai melebarkan sayapnya ke pasaran Indonesia dengan nama PT Gree Electric Appliances Indonesia pada bulan Juli 2015 dengan berkantor pusat di Jakarta.

Saat ini Gree memiliki 12 cabang yang tersebar di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Selama 5 tahun berdiri, Gree Indonesia telah meyakinkan pengguna di pasar Indonesia dengan memenangkan proyek-proyek besar di Indonesia, seperti Pabrik Chevron Pekanbaru, Grand Mercure & Hotel Ibis Yogyakarta, Menara Satoria di Surabaya, Landmark Pluit dan Sudirman Suites di Jakarta, dan mega proyek lainnya.

GreeGree Foto: Gree


Gree merupakan satu-satunya merek industri pendingin udara asal China yang dinobatkan menjadi "World Brand" (merek dunia). Berbagai kategori produk yang dimiliki oleh Gree antara lain RAC (Residential Air Conditioner), LCAC (Light Commercial Air Conditioner), CAC (Commercial Air Conditioner) dan HA (Home Appliances).

Produk Terkemuka dari Gree

Gree merupakan satu-satunya perusahaan pendingin udara yang masuk ke dalam "China Top 100 Listed Company" oleh majalah Fortune selama 12 tahun berturut-turut. Pada bulan Mei 2020, Gree Electric Appliances masuk daftar Forbes yang menduduki urutan peringkat ke 246 dalam daftar 2 ribu perusahaan terbesar di Dunia.

GreeGree Foto: Gree

Terus Menciptakan Sumber Daya Manusia Terbaik

Garansi peraih "REBI Award" Platinum Warranty Gree, juga diyakini sebagai garansi purna jual terlama di industri pendingin udara di Indonesia, yaitu garansi satu tahun ganti unit baru, garansi 5 tahun servis dan suku cadang, ditambah 10 tahun untuk unit outdoor atau kompresor.Sejak masuk ke Indonesia, produk berkualitas Gree telah berhasil meraih berbagai penghargaan dalam negeri. Adapun penghargaan yang didapatkan, antara lain, The Best Air Conditioning of the Year, Peraih Penghargaan Pertama di Indonesia, Peraih Penghargaan Pusat Rekor Indonesia, Top Innovation Choice Award 2020, Digital Popular Brand Award 2020, Indonesia Brand Champions 2020, Indonesia Best Quality Product, dan Brand Choice 2021.

Salah satu komitmen Gree terhadap pengembangan SDM diwujudkan dengan adanya 'Gree Service and Training Center Indonesia' sebagai pusat pengembangan kompetensi yang dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung dalam proses belajar dan mengajar.

Gree Training Centre yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, bekerja sama dengan LSP Elektroteknika, BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) serta Kementerian Perindustrian dalam meningkatkan kompetensi keilmuan serta pengetahuan tentang pendingin udara bagi para teknisi, sesuai dengan standar kompetensi profesional yang berlaku.

Ke depannya Gree akan terus mengadakan pelatihan teknisi AC di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai wujud keseriusan Gree dalam mengembangkan kualitas serta standarisasi SDM yang dimilikinya.

(ads/ads)