Janji Huawei Dukung Transformasi Digital Indonesia

Janji Huawei Dukung Transformasi Digital Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 17:40 WIB
Logo Huawei
Foto: Reuters
Jakarta -

Huawei berkomitmen untuk mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia, termasuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat terpaan pandemi.

Hal ini diutarakan oleh Albert Yang, VP Management Transformation Huawei Indonesia dalam Media Online Briefing (MOB) dengan tema utama "I do Care - Indonesia Digital Inclusion for A Better Life Society, Rabu (21/4/2021). Menurutnya, komitmen ini pun sudah ada sejak Huawei pertama hadir di Indonesia 20 tahun lalu.

Selain itu, Huawei juga menegaskan komitmennya untuk mendorong peningkatan inklusi digital di Indonesia. Lewat empat pilar komitmen bertajuk Huawei I Do, yaitu I Do Care, I Do Collaborate, I Do Create, dan I Do Contribute, Huawei konsisten menggelar program-program alih pengetahuan industri teknologi, serta tanggung jawab sosial korporasi, untuk turut mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik di era digital.

"Huawei Indonesia akan terus membantu percepatan transformasi digital di berbagai sektor guna mengakselerasi pemulihan akibat terpaan pandemi, serta mendukung terwujudnya visi Indonesia 4.0, yaitu menjadi kekuatan ekonomi terdepan dunia pada 2045," ujar Albert.

"Bersama pemangku kepentingan, kami menggelar program-program fundamental untuk transformasi digital, seperti pengembangan kompetensi SDM Digital Indonesia, pembangunan infrastruktur TIK, hingga implementasi teknologi Cloud dan Kecerdasan Artifisial (AI) di berbagai industri sebagai solusi menanggulangi pandemi COVID-19, yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye Huawei I Do Collaborate, I Do Create dan I Do Contribute di Indonesia," tambahnya.

Huawei Media BriefingJanji Huawei Dukung Transformasi Digital Indonesia Foto: Dok. Huawei

Tentang bentuk kontribusi, kolaborasi dan kepedulian Huawei untuk Indonesia,Mohamad Rosidi Director ICT Strategies and Business Huawei Indonesia mengatakan pihaknya mengutamakan program fundamental yang bisa meningkatkan akses ke layanan dan informasi, juga meningkatkan konektivitas antara masyarakat dan organisasi.

"Tujuannya adalah meningkatkan inklusivitas teknologi dan memberdayakan ekosistem digital Indonesia secara berkelanjutan," ujarnya.

Penguatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pengampu pengembangan berkelanjutan, menurut Rosidi, adalah komitmen global yang ada sejak Huawei berdiri. Kini, komitmen itu dipertegas dengan inisiasi jangka panjang TECH4ALL untuk mendukung digitalisasi bagi setiap individu, rumah, hingga organisasi guna mewujudkan dunia pintar yang terhubung sepenuhnya.

Melalui TECH4ALL yang berfokus pada pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pembangunan daerah tertinggal, Huawei secara global fokus pada pengembangan teknologi untuk menghadirkan konektivitas yang terjangkau sekaligus menghilangkan hambatan-hambatannya melalui beragam inovasi konektivitas, AI, Cloud dan perangkat bergerak.

Komitmen nyata yang dilakukan Huawei untuk meningkatkan konektivitas di Indonesia adalah dengan terlibat dalam pembangunan infrastruktur jaringan brodband 4G LTE di daerah-daerah 3T sebagai solusi digitalisasi bagi wilayah tersebut.

Huawei Indonesia menargetkan mampu mengembangkan kapasitas 100.000 SDM Digital Indonesia dalam 5 tahun. Terkait komitmen ini, Huawei Indonesia telah menyiapkan fasilitas pelatihan dan lokakarya baru terlengkap dan tercanggih di kawasan Asia Pasifik, Huawei ASEAN Academy Engineering Institute di Jakarta.



Simak Video "Wujud Ponsel Premium Huawei P50 dan P50 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)