Cara Perusahaan Berbasis AI dan IoT Qlue Perangi COVID-19

Cara Perusahaan Berbasis AI dan IoT Qlue Perangi COVID-19

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 19:00 WIB
Qlue
Cara Qlue bersumbangsih melawan pandemi COVID-19. Foto: Dok. Qlue
Jakarta -

Meski berbagai sektor industri terkena dampak besar terhadap respon dari penyebaran virus corona, Qlue berhasil melakukan adaptasi dan inovasi untuk lebih maju dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Kontribusi nyata Qlue dalam menghadapi tantangan di era pandemi COVID-19 di antaranya adalah lewat paduan scan thermal dan face recognition yang bisa deteksi penggunaan masker.

Rama Raditya Founder & CEO Qlue mengatakan Qlue di tahun 2020 justru bisa dibilang lincah sehingga bisa memberikan dampak positif untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

"Kita beradaptasi, berinovasi dan bertransformasi, bukannya menyerah dengan ketidakpastian," ujarnya di 'Virtual Press Conference Qlue 5th Anniversary'," Rabu (31/3/2021).

Pada tahun lalu, revenue yang didapatkan oleh Qlue bahkan meningkat 70%, menandakan apa yang diciptakannya berhasil dimanfaatkan partner dan masyarakat. Meski ada banyak tantangan, Rama masih berkeinginan besar untuk dapat melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia.

Maya Arvini President Qlue dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa QlueThermal adalah produk unggulan dalam masa pandemi. Sebab QlueThermal tak hanya bisa mendeteksi suhu, tetapi juga dikombinasikan dengan AI untuk mengetahui apakah orang tersebut sudah mengenakan masker atau tida, sampai two-step verification yang biasa digunakan di kantor-kantor untuk mengenali karyawan mereka.

"Maret, Qlue mengeluarkan solusi unik penerapan protokol dan yang menarik seberapa cepat Qlue dan klien besar mengimplementasikan," kata Maya.

Selama pandemi, rumah sakit sudah tak mengherankan menjadi industri yang paling cepat beradaptasi. Nah, tercatat sudah lebih dari 10 rumah sakit di DKI Jakarta dan luar Jakarta menggunakan solusi QlueThermal.

"Ada lebih dari 10 rumah sakit di Jakarta dan luar kota yang memakai QlueThermal. Terjauh di Ambon yang menggunakan solusi Qluethermal kita. QlueThermal dapat mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker," pungkasnya.



Simak Video "Singgung Space War, Jokowi Ingin BPPT Jadi Pusat Kecerdasan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)