iPhone 12 Mini Tak Laku, Tapi Jadi Kabar Buruk Buat Samsung

iPhone 12 Mini Tak Laku, Tapi Jadi Kabar Buruk Buat Samsung

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 23 Mar 2021 13:42 WIB
wujud iPhone 12 mini terungkap lewat video hands-on
iPhone 12 Mini. Foto: YouTube/George Buhnici via GSM Arena
Jakarta -

Penjualan iPhone 12 Mini beberapa kali dilaporkan tidak bagus, dan dampak negatifnya ternyata tak cuma bagi Apple, melainkan juga untuk Samsung.

Dibanding varian iPhone 12 lain, penjualan iPhone 12 Mini hanya berkisar antara 4-6%. Bahkan Apple sampai mengalihkan kapasitas produksi ponsel tersebut ke varian iPhone 12 yang lain, dan kabarnya mempertimbangkan untuk menyetop produksinya pada akhir Q2.

Nah, iPhone 12 Mini yang tak laku ini juga berdampak pada Samsung, tepatnya Samsung Display. Menurut perusahaan riset Omdia, penjualan panel OLED Samsung Display ikut menurun 9% selama Januari 2021 dibanding bulan sebelumnya, yaitu menjadi 45 juta unit, karena jeleknya penjualan iPhone 12 Mini.

Namun memang turunnya penjualan panel OLED itu tak cuma disebabkan oleh iPhone 12 Mini, karena secara keseluruhan, penjualan ponsel pada periode tersebut memang menurun.

Namun di sisi lain, pasokan panel OLED rigid Samsung Display ke vendor ponsel asal China tetap kuat selama Januari 2021. Panel OLED rigid adalah varian panel OLED yang lebih murah ketimbang panel fleksibel yang banyak dipakai di ponsel flagship seperti Galaxy S21 dan iPhone 12.

Perlu diingat juga, Apple sebenarnya diduga membeli panel OLED untuk seri iPhone 12 dari tiga pabrikan berbeda, yaitu Samsung, LG, dan BOE. Namun Samsung adalah pemasok panel terbanyak, dan menjadi pemasok satu-satunya untuk iPhone 12 Mini.

Dari 164 panel layar untuk ponsel, baik OLED ataupun LCD, selama Januari, Samsung adalah pemasok terbesarnya. Disusul oleh BOE dan Tianma, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (23/3/2021).

Sebelumnya Apple juga sudah pernah dua kali kena denda dari Samsung karena jumlah pesanan panelnya tidak sebanyak kontrak kerja yang sudah disetujui. Contohnya pada Q2 2020 di mana Apple membayar denda sebesar USD 950 juta ke Samsung karena pesanan panelnya tak memenuhi target.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)