Gegara Game Online, Pria Ini Raup Rp 66 Triliun

Gegara Game Online, Pria Ini Raup Rp 66 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 12 Mar 2021 09:32 WIB
CEO Roblox David Baszucki
CEO Roblox David Baszucki. Foto: Roblox
Jakarta -

Roblox merupakan platform game online untuk anak-anak. Baru saja melantai di bursa saham atau IPO, perusahaan ini menjadikan sang pendiri dan CEO mendadak kaya raya.

Di Roblox, pemain bisa menciptakan game mereka sendiri menggunakan development tools yang ada dan juga memainkan game yang diciptakan oleh pemain lain. Platform ini langsung melesat dan kini jumlah pengguna aktifnya sudah lebih dari 100 juta.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (12/3/2021), setelah sehari IPO di New York Stock Exchange, valuasi Roblox naik 60% menjadi USD 47 miliar. Berarti mereka telah melebihi beberapa perusahaan game besar termasuk Take Two, Ubisoft dan Electronics Arts.

Sang pendiri dan CEO, David Baszucki yang lulusan universitas Stanford, jadi kaya raya. Kepemilikan sahamnya di Roblox kini bernilai sekitar USD 4,6 miliar atau di kisaran Rp 66 triliun.

Roblox didirikan oleh David dan temannya, Eric Cassel, pada tahun 2006. Sedangkan prototipenya sudah dikerjakan sejak tahun 2004.

"Dia ingin membangun engine yang meskipun sederhana bisa mirip dengan fisika dunia nyata dan memungkinkan orang untuk membangun eksperimen serta menjalankannya di situ," kata Neil Rimer, salah satu investor Roblox.

Di Roblox, kalian bisa membuat game dan memainkan game-game yang ada di ekosistem Roblox di hampir semua platform yang ada. Kalian bisa download game ini di perangkat Android, iOS, Windows, macOS, Xbox One, bahkan di perangkat virtual reality seperti HTC Vive dan Oculus Rift.

Per Agustus 2019, Roblox telah memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan sehingga menyalip Minecraft yang memiliki 91 juta pengguna aktif bulanan pada pertengahan tahun 2018



Simak Video "Diduga Kecanduan Game Online, Bocah di Subang Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)