Taiwan Kekeringan, Pabrik Semikonduktor Waspada Pasokan Air

Taiwan Kekeringan, Pabrik Semikonduktor Waspada Pasokan Air

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 10 Mar 2021 20:15 WIB
Pabrik TSMC
Foto: Dok. TSMC
Jakarta -

Menteri Perekonomian Taiwan Wang Mei-hua menyebut pabrik semikonduktor di negara tersebut, salah satunya TSMC, hanya punya pasokan air bersih sampai Mei.

Saat ini Taiwan memang tengah mengalami kekeringan yang disebut terburuk selama 56 tahun terakhir. Hal itu terjadi karena mereka sama sekali tak mengalami badai selama 2020 lalu. Padahal biasanya mereka mengalami setidaknya tiga sampai empat kali badai tropis tiap tahun.

Saking parahnya kekeringan tersebut, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen sampai meminta warganya untuk menghemat penggunaan air bersih, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (10/3/2021).

Salah satu dampak dari kekeringan ini adalah industri semikonduktor seperti TSMC. Pasalnya sebuah pabrik semikonduktor membutuhkan pasokan air bersih dua sampai empat juta galon setiap harinya.

Juru bicara TSMC Nina Kao menyebut pihaknya sudah mengurangi penggunaan air bersih, dan juga sudah mulai 'menimbun' air bersih untuk bersiap menghadapi pembatasan penggunaan air yang mungkin akan terjadi.

Hal ini mereka lakukan agar produksi chip mereka tak terganggu, seperti yang terjadi di fasilitas produksi mereka di Texas, Amerika Serikat, yang terpaksa berhenti karena cuaca ekstrim. Gangguan produksi semacam ini akan semakin mengganggu pasokan chip global, yang saat ini masih terjadi.

Seperti diketahui, saat ini pasokan chip untuk berbagai industri di seluruh dunia sangat terbatas akibat pandemi. Jika sampai pasokan chip ini semakin terganggu karena ketiadaan air bersih, kondisinya tentu akan semakin parah.

Taiwan sendiri baru-baru ini mengimplementasikan konservasi yang bertujuan untuk menyimpan 701 juta ton air, yang diharapkan bisa menyuplai keperluan air di negara tersebut sampai Mei mendatang, dengan tambahan cadangan selama satu bulan. Harapannya setelah itu adalah musim penghujan akan tiba, dan pasokan air bersih akan kembali normal.



Simak Video "Kapal Selam Made in Taiwan Mulai Diproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)