Pengguna Aplikasi Mitra Tokopedia Catatkan Untung 2 Kali Lipat

Pengguna Aplikasi Mitra Tokopedia Catatkan Untung 2 Kali Lipat

Nurcholis Maarif - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 08:05 WIB
Aplikasi Mitra Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Mayoritas pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, disebut meraih keuntungan lebih dari 2 kali lipat setelah memanfaatkan Mitra Tokopedia. Aplikasi sebesar 3MB ini ditujukan untuk pegiat usaha tradisional yang ingin menambah pendapatan dengan berjualan produk digital maupun mengisi stok warung/toko dengan lebih efisien.

Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah Daniel Djap Nen Kiong (45). Laki-laki asal Singkawang ini menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2019 untuk berjualan berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, PDAM hingga token listrik. Sejak itu, Daniel merasakan banyak manfaat.

"Biasanya untuk isi stok pulsa, saya harus bolak-balik ke agen. Sejak ada Mitra Tokopedia tidak perlu lagi karena semua proses bisa dari handphone saja. Hal ini sangat memudahkan saya yang difabel," ungkap Daniel dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Menurut difabel daksa mandiri ini, banyaknya pilihan produk digital di Mitra Tokopedia juga membantu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih mudah. Ia pun berharap dapat menginspirasi difabel lainnya untuk juga mandiri secara finansial dengan menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi, seperti Mitra Tokopedia.

"Transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat sehingga sejak awal bergabung transaksi saya naik hingga 2 kali lipat," lanjutnya.

Pegiat usaha tradisional lain yang turut merasakan manfaat dari Mitra Tokopedia adalah Ni Luh Gebi Sasmitawati (19) asal Bali. Di usianya yang masih belia, Gebi melihat peluang berjualan produk digital melalui Mitra Tokopedia.

"Saya memakai aplikasi Mitra Tokopedia sejak awal 2020. Tujuannya mendapatkan penghasilan sekaligus meringankan beban keluarga," ungkap Gebi.

Menurut Gebi, Mitra Tokopedia mempermudah dirinya berjualan dan mengembangkan usaha meskipun di tengah pandemi. "Karena pandemi, banyaknya masyarakat yang bekerja atau sekolah dari rumah pun meningkatkan penjualan pulsa dan paket data hingga 2x lipat," jelas Gebi.

Sementara itu, Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo mengatakan saat ini, ekosistem Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Mitra Tokopedia diharapkan dapat menjadi solusi bagi pegiat usaha tradisional untuk dapat berpartisipasi dalam perekonomian digital, khususnya di tengah pandemi.

"Ke depannya, Tokopedia akan terus berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu para pegiat usaha tradisional beradaptasi dengan perkembangan era, sekaligus mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," pungkasnya.

(prf/ega)