Jack Ma Ternyata Sehat, Saham Alibaba Langsung Melesat

Jack Ma Ternyata Sehat, Saham Alibaba Langsung Melesat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 12:21 WIB
Jack Ma dan Pertarungan Politik China
Jack Ma. Foto: detik
Jakarta -

Apapun spekulasi yang masih beredar, Jack Ma telah muncul kembali dalam kondisi baik-baik saja. Hal itu menjadi kelegaan bagi banyak pihak dan perusahaan Jack Ma, Alibaba, mengalami dampak positif.

Seperti dikutip dari Bloomberg, saham Alibaba langsung naik 11% di Bursa Hongkong atau setara lonjakan USD 63 miliar ke kapitalisasi pasar Alibaba yang sebelumnya terus mengalami penurunan.

Perusahaan teknologi lainnya termasuk pesaing Alibaba, Tencent serta Meituan juga mengalami kenaikan. Investor menyambut positif bahwa Jack Ma tampaknya tidak dikenai hukuman atau ditahan seperti spekulasi yang beredar.

"Video itu menunjukkan bahwa secara politis, Jack Ma diizinkan muncul lagi. Paling tidak, ini membuktikan dia tidak ditahan atau dilarang muncul di publik," sebut Jackson Wong, direktur manajemen aset di Amber Hill Capital.

"Juga merupakan tanda bahwa perusahaan Jack Ma mungkin telah mencapai deal dengan pemerintah untuk menyelesaikan masalah mereka. Itulah yang ditunggu-tunggu oleh para investor," tambahnya seperti dikutip detikINET dari Strait Times, Kamis (21/1/2021).

Seperti diberitakan, Jack Ma bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting online, merupakan kemunculan pertamanya sejak Oktober 2020, ketika ia mengkritik sistem keuangan pemerintah China.

Media yang menjadi kepanjangan tangan pemerintah China, Global Times, turut merilis video berdurasi sekitar 50 detik di mana Jack Ma menyapa para guru itu. Terlihat Jack Ma dalam keadaan sehat dan busananya berwarna biru navy.

"Pendiri Alibaba Jack Ma Yun, guru bahasa Inggris yang menjadi entrepreneur, bertemu dengan 100 guru pedesaan di seluruh negeri melalui video," demikian laporan Global Times.



Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)