Mungkin Ini Tujuan Pemerintah China 'Hilangkan' Jack Ma

Mungkin Ini Tujuan Pemerintah China 'Hilangkan' Jack Ma

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 07 Jan 2021 17:49 WIB
Jack Ma pisah
Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta -

Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Kabar terbaru, ia tidak ditangkap melainkan sengaja untuk berdiam diri sembari investigasi pemerintah China berlangsung pada perusahaannya. Mungkin saja pemerintah China bertujuan agar Jack Ma lebih rendah hati.

"Menghilangnya taipan teknologi China Jack Ma adalah bagian intrik dari hantaman terukur oleh pemerintah China untuk mengajari bintang teknologi itu kerendahhatian," tulis kolom di Sydney Morning Herald yang dikutip detikINET, Kamis (7/1/2021).

Jack Ma yang kekayaannya sekitar USD 60 miliar dipandang semakin arogan dan banyak bicara di saat dua perusahaannya, Alibaba dan Ant Financial makin dominan di China. Penggunanya begitu banyak dan begitu juga data yang dikumpulkan.

"Bentuk dan fungsi platform teknologi Ant tidaklah berbeda dari Google, Facebook dan Amazon. Dan seperti raksasa teknologi Amerika itu, Ant dan induknya Alibaba menjadi begitu dominan sehingga aksi regulator tinggal menunggu waktu," tambah kolom tersebut.

Walau memang lebih keras, tindakan pemerintah China dinilai tidak jauh berbeda dari pemerintah di negara lain seperti Amerika Serikat yang mulai cemas perusahaan teknologi jadi tidak terkendali.

Apalagi Ant Group sebenarnya berbisnis layaknya bank, akan tetapi aturan untuk mereka tidak seketat bank. Dulu, hal itu disengaja oleh pemerintah China untuk mempercepat inovasi. Tapi Ant telah tumbuh begitu besar dan berisiko merusak sistem keuangan di China.

"Meskipun Ant Group tidak menganggap diri mereka sebagai bank, tapi ia merupakan bagian dari bank bayangan. Dalam enam bulan pertama tahun ini, kredit mikro mencakup 40% dari pendapatan total mereka," tulis media pemerintah China, CGTN, beberapa waktu silam.

"Meskipun terlibat dalam bisnis bank, Ant, tak seperti bank tradisional, hampir tidak dibatasi regulasi seperti soal rasio pinjaman ke deposit, rasio kecukupan modal dan rasio NPL. Tanpa aturan ambang batas, aktivitas peminjaman mereka bisa terakumulasi ke risiko tinggi pada sistem finansial," tambah mereka.

"Jack Ma telah menjadi terlalu arogan. Maka memang mereka perlu mengikatkan tali pada Ant yang telah menjadi monster," sebut seorang bos bank internasional yang meminta anonim.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)