Bill Gates Curhat Ribetnya Jadi Orang Sukses, Susah Bos!

Bill Gates Curhat Ribetnya Jadi Orang Sukses, Susah Bos!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 09:46 WIB
Bill Gates
Bill Gates curhat susahnya jadi orang sukses. Foto: Reuters
Jakarta -

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana rasanya jadi orang sukses, kata Bill Gates: susah, bos! Pemerintah pun jadi lebih 'perhatian' karena kesuksesannya dalam mengembangkan perusahaan teknologi Microsoft.

"Kapan pun Anda menjadi perusahaan yang sangat berharga, memengaruhi cara orang berkomunikasi dan bahkan wacana politik dimediasi melalui sistem Anda dan persentase perdagangan yang lebih tinggi - melalui sistem Anda - Anda akan mendapatkan banyak perhatian pemerintah," tutur Gates dalam wawancara 'Squawk Box'.

Isu antitrust sendiri tidak cuma pernah menimpa Microsoft. Beberapa waktu lalu, sub-komite untuk antitrust merilis laporan yang menyimpulkan bahwa Amazon, Apple, Facebook dan Google memegang kekuasaan monopoli.

"Saya naif di Microsoft dan tidak menyadari bahwa kesuksesan kami akan menarik perhatian pemerintah," kata Gates, merujuk pada tantangan antitrust Microsoft lebih dari 20 tahun yang lalu.

Gates mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft di tengah kasus antitrust Departemen Kehakiman AS, yang menuduh perusahaan tersebut mencoba memonopoli pasar browser web saat menggabungkan Internet Explorer dengan Windows. Perusahaan diselesaikan dengan DOJ pada tahun 2001.

Pengganti Gates pada saat itu, Steve Ballmer, mengatakan kepada CNBC bahwa perusahaan raksasanya harus pergi ke Washington dan secara proaktif terlibat dengan regulator. Tetapi ia juga mengatakan bahwa dia tidak segan untuk 'mempertaruhkan uang' supaya Kongres tidak akan membubarkan perusahaan itu.

Gates pun mengatakan bahwa sangat mungkin akan ada banyak peraturan baru yang mengatur berbagai perusahaan raksasa di bidang teknologi. Nah, tugas para pebisnis adalah mengetahui secara rinci isi dari peraturan tersebut misalnya aturan akuisisi atau adanya pembagian sebuah bagian dalam sebuah perusahaan. Hmm, memang susah deh kalau jadi orang sukses. Mainannya sudah masuk ke ranah politik juga mau tidak mau.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)