Isu Gojek Tokopedia Merger, Ini 5 Kabar Viral Merger Lainnya

Isu Gojek Tokopedia Merger, Ini 5 Kabar Viral Merger Lainnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 05 Jan 2021 19:02 WIB
gojek tokopedia merger
Isu Gojek dan Tokopedia merger. Foto: detikINET
Jakarta -

Isu merger Gojek dan Tokopedia mendadak viral hari ini. Berita ini ramai setelah media Bloomberg menuliskan rencana tersebut. Meski demikian, Gojek dan Tokopedia sama-sama menolak untuk mengomentari kabar yang beredar luas di masyarakat tentang itu.

Dirangkum detikINET, Selasa (5/1/2021) ini dia beberapa perusahaan yang sempat ramai dengan isu merger lainnya:

1. Isu Gojek dan Tokopedia merger

"Kami tidak dapat memberikan komentar terhadap rumor dan spekulasi di pasar," begitu tanggapan Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, kepada detikINET, Selasa (5/1) ketika ditanya tentang isu tersebut. Begitu pula Tokopedia, pihaknya enggan berkomentar dengan alasannya yang sama.

Sebelumnya, Bloomberg memberitakan kalau Gojek dan Tokopedia dalam pembicaraan untuk merger. Mereka kabarnya telah menandatangani lembar persyaratan untuk menguji tuntas bisnis masing-masing.

"Kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin dalam beberapa bulan mendatang," ujar sumber yang menolak disebutkan namanya.


2. Rencana merger Indosat-Tri

Baru-baru ini Indosat Ooredoo dan CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) secara eksklusif untuk potensi menggabungkan bisnis telekomunikasi antara Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri).

"Sebagaimana diumumkan, induk perusahaan PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), Ooredoo Group ("Ooredoo") telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang eksklusif dan tidak mengikat secara hukum dengan CK Hutchison Holdings Limited ("CK Hutchison") sehubungan dengan kemungkinan transaksi untuk menggabungkan bisnis masing-masing di Indonesia; PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia," demikian disampaikan Director and Chief Financial Officer Indosat Ooredoo, Eyas Naif Assaf dalam keterangan resminya, Senin (28/12/20).


3. Isu OVO dan Dana merger untuk lawan GoPay

Masih dari sumber Bloomberg, ada kabar yang menyatakan bahwa dua perusahaan teknologi finansial ini akan bergabung demi melawan GoPay yang ada di bawah naungan Gojek. Isu ini beredar Juni 2020.

Menurut sumber, penandatanganan perjanjian kedua pihak ditunda karena wabah virus Corona (COVID-19). Kesepakatan mereka mengenai syarat dan waktunya pun masih bisa berubah.


4. Isu Bukalapak dan Tokopedia merger

Sebelum dengan Gojek, Tokopedia dikabarkan akan bergabung dengan perusahaan Bukalapak. Tapi kabar ini langsung dibantah.

Tine E Effendy AVP of CSM BukaLapak mengatakan dalam live Instagram 'Bukalapak x Tokopedia' bahwa keduanya tidak berupaya untuk bergabung melainkan hanya sebagai bentuk kolaborasi bersama menyambut Hari Pelanggan Nasional.

"Ini sekalian untuk memberitahu sebenarnya apa sih yang terjadi, kami hanya sedang berkolaborasi," ucap Tine, Jumat (4/9/2020).

5. XL dan Axis merger

Kalau keduanya, sudah dipastikan telah bergabung. Perusahaan telekomunikasi XL Axiata telah menyelesaikan transaksi pembayaran sebesar USD 865 juta untuk akuisisi pada 19 Maret 2014.



Simak Video "Total Transaksi GoTo Grup Diklaim Tembus USD 22 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)