5 Fakta Menarik Harbolnas 12.12 2020

5 Fakta Menarik Harbolnas 12.12 2020

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 20 Des 2020 07:30 WIB
Sirclo
Foto: Dok Sirclo
Jakarta -

Sirclo, ecommerce enabler, mengungkap lima tren dan data menarik selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 2020. Apa saja?

Berdasarkan data Sirclo, nilai transaksi selama 12.12 2020 meningkat 328% dibanding 2019 lalu. Pertumbuhan positif ini bisa terjadi saat kondisi selama pandemi yang terbilang menantang.

"Sirclo optimis bahwa penjualan di kanal digital akan melesat cepat, terutama karena akselerasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Daya beli masyarakat Indonesia pun perlahan-lahan mulai pulih, dibuktikan dengan partisipasi di festival belanja 9.9 sampai 12.12 yang terus meningkat. Karena itu, saat ini merupakan saat krusial bagi semua brand untuk melakukan pivot dan hadir secara online," ungkap Brian Marshal, CEO dan Founder Sirclo dalam keterangan yang diterima detikINET.

Dalam penyelenggaraan Harbolnas 2020 tahun ini, Sirclo pun menemukan beberapa pertumbuhan serta perubahan kebutuhan dan gaya belanja konsumen. Berikut merupakan 5 di antaranya:

Pertumbuhan transaksi signifikan di luar Pulau Jawa

Secara umum, festival belanja online di tahun 2020 mencatatkan pertumbuhan transaksi yang signifikan dari luar Pulau Jawa. Pada Harbolnas 12.12, data Sirclo menunjukkan bahwa jumlah transaksi dari luar Pulau Jawa mencapai lebih dari 4x lipat dibandingkan tahun 2019.

Hal ini menunjukkan bahwa penetrasi tren belanja online menyebar dengan cepat di luar ibukota hingga ke berbagai daerah di Indonesia, terutama di tengah pandemi. Menurut riset yang tertuang dalam laporan e-commerce Sirclo berjudul "Navigating Indonesia's E-Commerce: COVID-19 Impact and The Rise of Social Commerce", diperkirakan terdapat 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi berlangsung, dimana 40% diantaranya akan mengandalkan e-commerce bahkan setelah pandemi berakhir.

Kategori perawatan diri, perlengkapan rumah, dan fashion paling dicari

Berdasarkan data Sirclo selama berlangsungnya Harbolnas 12.12, tiga kategori favorit konsumen adalah: Perawatan Diri (Personal Care), Perlengkapan Rumah (Household Goods), dan Busana (Fashion). Ketiga kategori ini konsisten mencatatkan permintaan produk tertinggi selama festival belanja online sebelumnya, seperti 9.9, 10.10, dan 11.11.

Menurut laporan Sirclo yang dirilis pada bulan Juli 2020, kategori favorit di kalangan konsumen perempuan adalah Perawatan Diri, sementara kategori Elektronik masih menjadi nomor satu bagi konsumen pria. Lebih jauh, sebanyak 20% konsumen berbelanja online dengan frekuensi lebih dari 9x per bulan, dimana 58% diantaranya merupakan konsumen perempuan.

Pesanan melonjak di siang hari, ada di halaman selanjutnya