India Kucurkan Rp 9 Triliun ke Samsung, Buat Apa?

India Kucurkan Rp 9 Triliun ke Samsung, Buat Apa?

Josina - detikInet
Selasa, 15 Des 2020 11:39 WIB
A man walks behind a logo of Samsung Electronics at the companys headquarters in Seoul April 30, 2010.  REUTERS/Jo Yong-Hak/File Photo
Foto: Reuters
Jakarta -

Salah satu negara bagian terbesar di India, Uttar Pradesh telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memberikan insentif keuangan kepada Samsung senilai USD 654,36 juta atau sekitar Rp 9 triliun. Tujuannya agar perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini mendirikan pabrik display di wilayah tersebut.

Dilansir detiKINET dari Gizmochina, Selasa (15/12/2020) dalam pernyataannya negara bagian Uttar Pradesh mengatakan bahwa Samsung memindahkan pabriknya dari China ke India. Hal ini dinilai sebagai langkah yang bertujuan untuk memproyeksikan India sebagai pusat manufaktur.

Samsung akan mendapatkan 7 miliar rupee dalam bentuk keuntungan finansial untuk mendirikan pabrik display. Selain itu, pemerintah negara bagian juga telah memastikan bahwa Samsung akan mendapatkan pembebasan pajak yang terutang atas pengalihan lahan untuk pabrik tersebut.

Pabrik tersebut diperkirakan dapat beroperasi mulai tahun depan namun belum dipastikan kapan tepatnya. Setelah pabrik mulai beroperasi diharapkan dapat membuka 510 pekerjaan langsung ke warga lokal.

Perlu dicatat bahwa Samsung telah memiliki pabrik pembuatan ponsel tebesar di dunia yakni di Noida, India.

Perkembangan tersebut terjadi hanya beberapa bulan setelah pemerintah India menyetujui insentif keuangan sekitar USD 6,5 miliar untuk 16 negara untuk meningkatkan produksi smartphone dalam negeri.

Daftar perusahaan yang akan diuntungkan dari ini termasuk Samsung adalah pemasok Apple seperti Foxconn dan Wistron.

Saat ini banyak perusahaan telah melihat India sebagai negara yang potensial untuk menggantikan China dalam hal manufaktur. Selain Samsung, beberapa perusahaan lain yang memindahkan produksinya ke India termasuk Apple yang kni membuat beberapa produknya di India dan diperkirakan akan berkembang dalam beberapa bulan mendatang.



Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy S21 Ultra 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)