Cara Infomedia Tingkatkan Layanan Contact Center di Tengah Pandemi

Cara Infomedia Tingkatkan Layanan Contact Center di Tengah Pandemi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 07 Nov 2020 21:54 WIB
Infomedia
Foto: Infomedia
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) memberikan tantangan bagi perusahaan untuk tetap memberikan pelayanan. Seperti di industri Business Process Outsourcing (BPO) yang justru meningkat di masa pandemi.

Direktur Sales & Operation Infomedia, Riri A Yulita, mengatakan, industri BPO atau yang dikenal sebagai perusahaan penyedia sistem pelayanan contact center bagi korporasi, di masa pandemi dihadapi tantangan berat.

Di satu sisi pusat pelayanan contact center yang padat akan tenaga kerja, harus jaga jarak dan terpaksa dikurangi kapasitasnya untuk menghambat laju penyebaran pandemi. Riri mengatakan, pengurangan pekerja tentunya akan berdampak langsung pada kualitas yang diberikan.

Sedangkan di sisi lain, trafik lalu lintas pelayanan dari jalur call dan digital justru meningkat, karena terhambatnya sistem pelayanan secara langsung atau offline.

"Akselerasi transformasi teknologi untuk mendukung pekerjaan contact center secara remote dari mana saja mutlak diperlukan di kondisi ini. Selain tentunya keamanan dan kerahasiaan data pelanggan harus tetap dijaga dan tidak boleh diakses oleh sembarang pihak yang tidak berkepentingan," ujar Riri.

Menyadari kebutuhan ini, aplikasi omnichannel yang telah dikembangkan Infomedia selama 10 tahun terakhir ini segera di-upgrade untuk memenuhi tuntutan tersebut dengan memunculkan fitur agent anywhere.

Aplikasi customer relationship management (CRM) milik anak usaha Telkom ini sudah banyak diakui kehandalannya dengan diadopsinya teknologi Omni Channel (ON) 4.0 milik Infomedia oleh berbagai banking yang tergabung dalam Himbara, mega korporasi, pemerintahan, Migas, BUMN dan private sector lainnya.

InfomediaInfomedia menyabet berbagai penghargaan. Foto: Infomedia

"Dalam menjalankan operasional bisnis di masa pandemi ini, kami mengusung konsep saat ini adalah saatnya memberi bukan menerima, di mana operasional pelayanan harus memiliki kesadaran bahwa yang melayani dan dilayani juga sedang dalam kondisi yang sulit, sehingga customer experience harus terjaga kualitasnya melebihi dari ekspektasi partner maupun pelanggan sebagai end user," tuturnya.

Perwujudan dalam mendukung humanisme pelayanan dilakukan dengan memastikan kualitas SDM dan profesional pelayanan. Guna menjaga kapabilitas dan kualitas SDM, Infomedia mengikuti Global Sharing Session yang digelar Contact Center World secara tahunan.

Hasilnya, delegasi Infomedia memboyong beragam penghargaan di bidang Best in Customer Service, Best in Contact Center, dan Best in Public Service di ajang Global Sharing dan Global Top Ranking Performers Awards.

Bahkan, Direktur Sales & Operation Infomedia Riri Riri A. Yulita dinobatkan sebagai Best CMO di bidang marketing leadership oleh BUMN Branding & Marketing Award 2020, serta menjadi Finalist CMO of the Year 2020 di BUMN Marketers Award 2020.

"Di masa sulit ini Infomedia mendapatkan pengakuan dari dunia dan pihak eksternal yang kredibel, baik secara brand, korporasi, teknologi Omni Channel, hingga kualitas SDM dan profesional yang kami miliki, semua diakui kualitasnya," ucap Riri.

Sementara itu, Direktur Utama Infomedia Agus Winarno mengungkapkan penghargaan ini sebagai pemacu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

"Harapan terbesar kami adalah membawa perusahaan BPO kebanggan Indonesia untuk mampu bersaing dengan perusahaan BPO global dalam melayani, sehingga Infomedia dapat berkontribusi lebih dalam penyediaan lapangan kerja bagi bangsa Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Data Pengguna Bocor, Facebook Didenda Korea Selatan Rp 86,2 M"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)