Bos Besar Samsung Meninggal, Ini 'Pangeran' Pewarisnya - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Bos Besar Samsung Meninggal, Ini 'Pangeran' Pewarisnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 17:35 WIB
Jay Y. Lee putra mahkota Samsung
Jay Y Lee. Foto: Reuters

Dikutip detikINET dari CNBC, sejak tahun 2014 ketika Lee Kun Hee mulai bermasalah kesehatannya, Jay Lee sudah dipandang sebagai pemimpin de facto Samsung. Harga saham Samsung sempat naik atas kemungkinan suksesi kepemimpinan di tubuh perusahaan.

"Pasar tertarik dengan imbas dari suksesi karena sosok Jay Y Lee. Dia adalah pemimpin de facto Samsung. Dia adalah pemegang saham besar Samsung C&T dan Samsung SDS, sehingga pasar bereaksi dengan positif pada kabar tersebut," cetus SK Kim, abalis di Daiwa Securities.

Jay Y Lee juga merupakan salah satu orang terkaya di Korea Selatan dengan harta diestimasi Forbes sekitar USD 7,4 miliar. Namun demikian, ada sandungan hukum yang mungkin agak mengganggu suksesi ini.

Jay Y Lee meski mengaku tidak bersalah dan mengajukan banding, pernah dipenjara karena tuduhan menyuap pemerintah. Dia juga tengah menghadapi tudingan manipulasi harga saham dan penipuan akuntansi.

Namun demikian, tetap dia adalah sosok terkuat untuk mengendalikan bisnis Samsung yang menggurita. Jika demikian, Jay Y Lee akan menghadapi tugas berat mempertahankan kejayaan Samsung di tengah ketatnya persaingan.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT