Sosok 'Bendahara' Baru Xiaomi, Bankir Lulusan Oxford

Sosok 'Bendahara' Baru Xiaomi, Bankir Lulusan Oxford

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 12 Okt 2020 12:21 WIB
CFO Xiaomi
Lei Jun dan Alain Lam. Foto: Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi punya sosok baru dalam mengatur keuangan perusahaan. Dia adalah Alain Lam yang ditunjuk sebagai Chief Financial Officer. Xiaomi mengumumkan Alain sudah mulai bekerja di kantor pusat Xiaomi di Beijing.

Sesuai dengan fungsi jabatannya, Alain akan mengkoordinasi dan mengontrol keuangan perusahaan. Dia akan melapor langsung pada pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun.

Pria berusia 46 tahun tersebut memegang gelar master teknik dari Universitas Oxford. Dia tercatat telah malang melintang selama 20 tahun di industri bank investasi.

Sebelum memutuskan pindah ke Xiaomi, Alain bekerja sebagai Head of Technology Credit Suisse untuk kawasan Asia Pasifik. Dia juga pernah bekerja di Morgan Stanley dengan jabatan terakhir sebagai Managing Director.

Xiaomi memang masih berkibar sebagai vendor smartphone papan atas. Namun demikian, pertumbuhan mereka belakangan agak melambat, terutama di pasar domestik di tengah agresifitas vendor senegara seperti Huawei dan Oppo.

Keuangan Xiaomi sendiri ternyata cukup rumit karena selain perushaan sendiri, Xiaomi juga menjadi pendukung sekitar 300 perusahaan lain.

Dikutip detikINET dari Gizchina, posisi CFO Xiaomi sebenarnya sudah kosong di November 2019. Pasalnya pemegang jabatan itu, Chew Shou Zi, dinaikkan jabatannya menjadi President of Xiaomi International. Ia masih merangkap tugas CFO sampai kedatangan Alain.



Simak Video "Xiaomi Produksi HP Pakai Robot, Gimana Nasib Karyawan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)