Ramalan Jack Ma: Pebisnis Kecil Akan Kuasai Dunia

Ramalan Jack Ma: Pebisnis Kecil Akan Kuasai Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 01 Okt 2020 18:51 WIB
Jack Ma
Jack Ma. Foto: Reuters
Beijing -

Para pebisnis khususnya di China harus mempersiapkan diri menyongsong dunia yang sepenuhnya digital, begitu inti nasihat yang dikemukakan oleh Jack Ma, sang pendiri Alibaba. Ia mengatakan globalisasi yang dulu dipimpin negara maju sekarang berubah arah ke negara berkembang.

"Globalisasi dipimpin oleh negara maju dan perusahaan besar di masa silam, tapi nanti di masa depan akan dipimpin oleh negara berkembang dan bisnis kecil," kata Ma dalam event China Green Companies Summit.

"Siapapun dengan ponsel bisa menjalankan bisnis global. Dalam 3 dekade ke belakang, sekitar 6.000 bisnis besar mendikte globalisasi, tapi masa depan akan diputuskan oleh 60 juta bisnis kecil yang menjadi global. Digitalisasi tentu akan mengubah seluruh industri," papar dia.

Khusus bagi pebisnis China, Jack Ma yang pensiun dari Alibaba tahun silam itu menyarankan agar mereka fokus pada 1,4 miliar konsumen di China, terutama di kota-kota kecil. Setelah Amerika, ia yakin China yang akan menjadi pemicu globalisasi selanjutnya.

Pria yang langganan terkaya di China ini juga menasehati agar pebisnis China mengejar peluang di mancanegara dengan strategi tetap rendah hati. "Apa yang ingin kita dapat bukanlah hanya laba, tapi juga respek," katanya.

"Apa yang ingin kita tunjukkan adalah China bukan negara powerful tapi negara baik hati dan cantik dan kita tidak mengekspor dalam kapasitas terlalu besar tapi menciptakan value yang baru dan berbeda," begitu sarannya lagi.

Walau sudah pensiun, Jack Ma memang masih didengar nasihatnya oleh para pebisnis di China karena ia dituakan. Ia melanjutkan, perusahaan-perusahaan harus dengan cepat upgrade bisnisnya dengan teknologi digital.

"Dekade ke depan adalah peluang terakhir bagi industri tradisional untuk menuju digitalisasi," cetus Jack Ma, seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post, Kamis (1/10/2020).



Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)