Sirclo Chat Dirilis, Berfokus untuk Jualan Lewat WhatsApp

Sirclo Chat Dirilis, Berfokus untuk Jualan Lewat WhatsApp

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 20 Sep 2020 21:54 WIB
Sirclo
Foto: Dok. Sirclo
Jakarta -

Sirclo merilis produk barunya bernama Sirclo Chat yang ditujukan untuk membantu brand dan pemilik usaha kecil menengah melakukan jual beli lewat percakapan WhatsApp.

"Kami menyiapkan layanan Sirclo Chat yang memungkinkan penjual untuk mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk mereka dalam chat room WhatsApp, dimana konsumen dapat langsung melakukan pembelian tanpa berpindah aplikasi," ungkap Brian Marshal, Chief Executive Officer Sirclo dalam keterangan yang diterima detikINET, Minggu (20/9/2020).

WhatsApp ini dipilih karena menurut Digital 2019 Report dari Hootsuite dan We Are Social merupakan aplikasi kedua yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dengan total pengguna aktif sebesar 150 juta akun. Satu orang dapat memiliki beberapa akun aktif).

Diperkirakan jumlah pengguna WhatsApp mencapai 120 juta orang, yang berarti bahwa 80% dari semua pengguna media sosial di Indonesia sudah menggunakan aplikasi pesan tersebut.

Penetrasi WhatsApp yang tinggi ini menyebabkan pergeseran perilaku konsumen, dimana konsumen menginginkan admin toko online untuk bersikap responsif dan akomodatif di WhatsApp. Tren inilah yang mengawali chat commerce, atau transaksi jual-beli berbasis percakapan. Semakin baik respon admin WhatsApp, semakin praktis proses jual-beli, maka kepercayaan dan kepuasan konsumen pun ikut meningkat.

"Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual-beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertanya-tanya langsung mengenai spesifikasi produk, mekanisme pengiriman, dan hal-hal lain yang mungkin lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce," ujar ujar Leontius Pradhana, Chief Product Officer Sirclo.

"Oleh karena itu, kami menghadirkan Sirclo Chat dalam rangka membantu brand dan bisnis lokal di Indonesia agar dapat melayani konsumen secara lebih baik. Melalui layanan ini, para klien Sirclo dapat menjangkau basis konsumen yang lebih luas, mempersingkat waktu penyelesaian transaksi, serta menjalin hubungan dua-arah yang menyenangkan dengan konsumen mereka," lanjutnya.

Layanan Sirclo Chat telah terintegrasi dengan WhatsApp Business API, sehingga pesanan dari konsumen akan secara otomatis diproses. Tiga fitur utamanya adalah:
Dashboard yang terintegrasi: Klien bisa meng-update katalog dan inventaris produk, mengirimkan balasan otomatis, dan menggunakan beberapa admin untuk merespon pesan.

Transaksi dalam aplikasi: Klien bisa menerima dan memproses transaksi pembelian langsung melalui WhatsApp, baik secara manual (oleh admin) ataupun otomatis.Notifikasi: Pembeli akan mendapatkan notifikasi otomatis tentang status pesanan, penerbitan invoice, cara pembayaran, hingga konfirmasi penerimaan barang.

Melalui tiga fitur utama ini, klien Sirclo dapat memberikan pelayanan bagi konsumen sekaligus menghemat biaya, tenaga, serta waktu operasional. Sistem otomatisasi dan integrasi dengan WhatsApp Business API juga membantu mengurangi risiko terjadinya human error, misalnya dalam merekap jumlah dan spesifikasi pesanan.

"Sebagai perusahaan ecommerce enabler terdepan di Indonesia, prinsip utama Sirclo adalah untuk terus bertumbuh dan berinovasi sesuai tantangan zaman. Kami selalu melihat perkembangan tren dan berupaya menghadirkan layanan baru yang dapat membantu klien-klien kami untuk berjualan online dengan lebih baik," tambah Brian.



Simak Video "Uji Fitur Voice dan Video Call, WhatsApp Web Siap Saingi Zoom?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)