Dukung Deal TikTok dan Oracle, Trump: Atas Restu Saya!

Dukung Deal TikTok dan Oracle, Trump: Atas Restu Saya!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 20 Sep 2020 16:01 WIB
Ilustrasi Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: Ilustrasi oleh Luthfy Syahban
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya menyetujui kesepakatan TikTok dan Oracle. Hal ini diungkapnya di Gedung Putih.

Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa dia memberikan 'restu' untuk kesepakatan dengan Oracle serta menyebut masalah keamanan nasional AS telah ditangani. Diketahui sekitar 100 juta orang Amerika menggunakan TikTok dan pejabat AS telah menyatakan keprihatinan tentang potensi China untuk mengakses data pengguna.

"Saya telah memberikan persetujuan itu atas restu saya. Jika mereka setuju, itu bagus, jika tidak, itu juga tidak masalah. Keamanannya akan 100%," kata Trump.

"Secara konseptual, ini sangat menguntungkan Amerika," tambahnya sebagaimana mengutip The Guardian, Minggu (20/9/2020).

Oracle pun dikabarkan setuju untuk memiliki 20% saham di perusahaan. Apabila Walmart juga berhasil menegosiasikan akuisisi saham, kepala eksekutifnya, Doug McMillon, bakal mendapatkan kursi di dewan TikTok Global.

Reuters melaporkan pada hari Kamis bahwa perusahaan baru tersebut nantinya akan bernama TikTok Global serta memiliki mayoritas direktur AS, kepala eksekutif AS dan pakar keamanan di dewan.

Trump selain itu mengatakan bahwa perusahaan TikTok baru akan sepenuhnya dikendalikan oleh Oracle dan Walmart serta berbasis di Texas. Perusahaan dilaporkan telah setuju untuk memberikan sumbangan USD 5 miliar untuk dana pendidikan di negara bagian tersebut.

"Mereka akan menyiapkan dana yang sangat besar. Itu adalah kontribusi mereka yang saya harapkan," pungkasnya.



Simak Video "ByteDance Tegaskan TikTok Tidak Dijual ke Microsoft atau Oracle"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)