Pabrik LCD Samsung di China Dijual ke TCL

Pabrik LCD Samsung di China Dijual ke TCL

Josina - detikInet
Rabu, 02 Sep 2020 21:46 WIB
A man walks behind a logo of Samsung Electronics at the companys headquarters in Seoul April 30, 2010.  REUTERS/Jo Yong-Hak/File Photo
Pabrik LCD Samsung di China Dijual ke TCL. (Foto: Reuters)
Jakarta -

Samsung Display dilaporkan telah menjual pabrik LCD-nya di Suzhou, China. Pembeli utamanya adalah perusahan lokal, CSOT yang dimiliki oleh TCL.

Dilansir detikINET dari GSM Arena kesepakatan ini dikabarkan mencapai senilai USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 26,6 triliun. 60% Dari saham pabrik akan dimiliki oleh CSOT, sedangkan 10% untuk TCL dan 30% akan diberikan kepada pemerintah Suzhou.

Dicatatkan pabrik ini telah memproduksi 27% dari total panel LDC Samsung Display di mana sebagian besarnya untuk monitor dan TV.

Langkah ini pun sebagai jawaban pada berita sebelumnya yang mengatakan bahwa Samsung akan menghentikan bisnis LCD-nya dan akan fokus pada layar jenis quantum dot.

Korea Herald melaporkan bahwa pabrik ini memiliki lini produksi generasi 8,5 dan satu lini generasi 11, dan terakhir berencana untuk mulai kembali proses manufaktur pada awal tahun depan.

Laporan ini juga mengungkap bahwa Samsung Display berinvestasi kembali sebesar USD 723 juta atau sekitar Rp 10,5 triliun. Investasi ini diberikan kepada perusahaan terkait TCL dan ditujukan untuk mengakuisisi 12,33% saham mereka.



Simak Video "Samsung Rilis Monitor Lengkung dengan Teknologi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)