Apple Ikutan Ingin Beli TikTok?

Apple Ikutan Ingin Beli TikTok?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 15:22 WIB
TikTok
Apple Ikutan Ingin Beli TikTok? Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Misteri perusahaan mana yang akan menjadi pembeli potensial TikTok masih berlanjut. Setelah Microsoft mengonfirmasi mereka hendak mencaplok bisnis TikTok di Amerika Serikat, kabar terbaru menyebutkan Apple juga tertarik membeli platform video pendek tersebut.

Kabar ini datang dari editor bisnis Axios, Dan Primack. Dalam buletin yang ia tulis, Primack mengatakan Apple menunjukkan ketertarikan untuk membeli TikTok.

"Beberapa sumber mengatakan bahwa Apple menunjukkan ketertarikan, meskipun tidak ada sumber dari internal Apple, dan bahwa setidaknya satu strategi lain telah menyatakan minat," tulis Primack seperti dikutip detikINET dari Axios, Rabu (5/8/2020).

Primack menambahkan bahwa akuisisi TikTok akan menjadi strategi yang tidak biasa bagi Apple mengingat sifatnya yang merupakan aplikasi silang platform.

TikTok juga sepertinya akan menjadi masalah politik yang lebih besar dari yang diinginkan Tim Cook, baik di AS maupun di China. Tapi Primack mengatakan jika ada perusahaan yang memiliki cukup uang untuk membeli TikTok, Apple lah salah satunya.

Tapi juru bicara Apple langsung membantah kabar tersebut. Kepada Axios, juru bicara Apple mengatakan tidak ada pembicaraan untuk membeli TikTok dan mereka juga tidak tertarik.

Pada akhir pekan lalu, Microsoft mengonfirmasi bahwa perusahaannya berminat untuk mengakuisisi bisnis TikTok di Amerika Serikat dan sedang berdiskusi dengan perusahaan induknya, ByteDance.

Tidak hanya itu, Microsoft juga akan membeli bisnis TikTok di Kanada, Australia dan Selandia Baru. Bukan tidak mungkin pula Microsoft akan menawarkan investor Amerika lain untuk terlibat dalam akuisisi tersebut.

Menurut sumber terkait, presiden Amerika Serikat Donald Trump setuju memberikan waktu hingga 15 September bagi Microsoft untuk mencapai kesepakatan membeli TikTok. Microsoft menyatakan mereka akan memastikan data user TikTok akan disimpan di AS.



Simak Video "ByteDance Tegaskan TikTok Tidak Dijual ke Microsoft atau Oracle"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)