Segway yang Pernah Ngehits, Tamat Riwayatnya

Segway yang Pernah Ngehits, Tamat Riwayatnya

Tim - detikInet
Senin, 29 Jun 2020 15:08 WIB
Segway Rottnest Island, Australia
Segway. (Foto: Sri Anindiati Nursastri/detikTravel)
Jakarta -

Segway dua roda versi awal pernah populer meski seiring waktu berlalu tak banyak penggunanya. Nah, sarana transportasi ikonik ini tamat riwayatnya karena tidak lagi akan diproduksi.

Menurut laporan eksklusif dari Fast Company, Segway Inc akan menghentikan produksi kendaraan listrik legendaris tersebut pada 15 Juli di fasilitas pabrik di New Hampshire, Amerika Serikat. Sebagian pegawai pun kena PHK, tersisa 12 orang untuk menangani garansi dan perbaikan perangkat yang masih digunakan saat ini.

Tidak jelas sampai kapan perusahaan akan memberi support pada Segway Human Transporter tersebut. Perusahaan akan mengalihkan fokus ke produk yang lain, bukan lagi alat transportasi dua roda tersebut.

Kabar ini merupakan akhir yang cukup menyedihkan mengingat Segway dua roda langsung ngehits sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Perangkat ini diyakini akan merevolusi transportasi pribadi.

Segway original itu dibuat oleh engineer AS, Dean Kamen. Tapi di kemudian hari, Segway model awal ini kebanyakan hanya dipakai di bandara atau oleh aparat, tidak begitu diminati warga umum.

Bahkan ada beberapa kecelakaan sosok penting yang memakai Segway. Pada tahun 2003 misalnya, George W Bush jatuh dari Segway yang ia kendarai di rumah orang tuanya.

Pada tahun 2015, Usain Bolt yang sedang merayakan kemenangannya di lintasan lari ditabrak kameramen yang memakai Segway. Untungnya tidak terjadi luka serius.

Paling tragis menimpa pemilik Segway, Jimi Heseleden, yang sempat membeli perusahaan itu pada tahun 2009. Ia jatuh ke sungai di Inggris menggunakan salah satu kendaraan Segway dan meninggal dunia.

Segway Inc kini dimiliki oleh perusahaan asal China, Ninebot, yang melakukan aksi akuisisi pada tahun 2015. Mereka punya berbagai produk termasuk skuter dan kursi roda.



Simak Video "Serunya Bermain Segway, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)