Facebook Ungkap Alasan Investasi di Gojek

Facebook Ungkap Alasan Investasi di Gojek

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 03 Jun 2020 13:45 WIB
Amnesti Internasional Tuding Facebook Dan Google Ancam HAM Manusia Sedunia
Facebook Ungkap Alasan Investasi di Gojek (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Gojek menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerima kucuran dana Facebook. Apa alasan perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu?

Chief Operating Officer (COO) WhatsApp Matt Idema menjelaskan investasi ini menegaskan komitmen Facebook untuk mendukung pelaku UKM beserta pelanggannya ke ekonomi digital. Pihaknya melihat sejak meluncurkan aplikasinya pada tahun 2015, Gojek telah berhasil membawa ratusan ribu pedagang untuk memanfaatkan platformnya dan memberi mereka akses ke lebih dari 170 juta orang pengguna yang tersebar di seluruh Asia Tenggara.

"Gojek telah memproses miliaran transaksi setiap tahun melalui bisnis pembayarannya dan memiliki dompet digital terbesar di Indonesia," kata Idema.

Di satu sisi, mayoritas usaha kecil di Indonesia bergantung pada uang tunai untuk beroperasi karena masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memiliki rekening bank. Padahal, pembayaran digital lebih aman daripada tunai, baik untuk bisnis maupun pelanggan.

Selain itu, pembayaran digital membantu lebih banyak orang berpartisipasi dalam ekonomi dan memberikan kemudahan akses layanan kredit yang penting untuk pertumbuhan bisnis para pengusaha .

"Investasi dari Facebook ini akan mendukung misi bersama dari kedua perusahaan dalam memberdayakan bisnis dan mendorong inklusi keuangan di seluruh nusantara. Kami percaya bahwa WhatsApp, secara khusus, dapat berperan dalam mendorong Indonesia yang lebih digital," terang Idema.

Lanjut dikatakannya, WhatsApp akan menghadirkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya dalam membawa lebih banyak orang ke salah satu ekonomi digital yang paling cepat berkembang di dunia. Mereka telah melihat secara langsung bagaimana evolusi platform pengirim pesan sehari-hari menjadi sarana pendukung yang penting bagi para pelaku usaha untuk menjual produk dan melayani pelanggan.

"Kami senang dapat berinvestasi untuk masa depan Indonesia yang berpotensi menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Kami berharap kerja sama dengan Gojek ini dapat mendukung pertumbuhan jutaan usaha kecil dan menantikan berbagai bentuk kolaborasi berikutnya yang dapat terus mendukung ekonomi digital negara ini," pungkas Idema.



Simak Video "Cara Lakukan Video Call WhatsApp hingga 8 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)