Ada yang Beda dari Pengguna Shopee Selama Ramadhan Tahun Ini

Ada yang Beda dari Pengguna Shopee Selama Ramadhan Tahun Ini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 19 Mei 2020 18:20 WIB
Shopee
Kebiasaan pengguna Shopee yang beurbah selama pandemi COVID-19. Foto: Shopee
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, ada kebiasaan yang berubah termasuk berbelanja. Shopee Indonesia sendiri merasakan perbedaan-perbedaan tersebut.

"Big Ramadhan sale cukup spesial mulai 6-April dan diakhiri 25 Mei, tentunya Ramadhan yang identik kegiatan ibadah dan puasa tapi tahun ini berbeda karena ada PSBB, kerja dari rumah saja, jadi kami menyesuaikan," ujar Handhika Jahja Director of Shopee Indonesia dalam video conference, Selasa (19/5/2020).

Selama masa kampanye #ShopeeDariRumah, Handhika membaca ada beberapa perubahan kebiasaan pengguna Shopee saat bertransaksi, salah satunya dari segi penjualan hingga produk yang dicari.

"Pencapaian di tengah pandemi kita melihat kategori ada yang sama dan meningkat 4x lipat. Barang seperti pakaian muslim, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, serta kebutuhan ibu & anak memang biasa naik di bulan Ramadhan, tapi karena PSBB jadi bertambah," tuturnya.

Sementara itu untuk produk yang paling banyak dicari adalah gamis, makanan dan minum, juga masker di mana penggunaannya saat dibutuhkan selama masa wabah virus Corona. Adapun dari segi trafik, selama Ramadhan meningkat 2 kali lipat dari hari-hari biasanya.

"Ada perubahan dari kebiasaan pengguna, salah satunya lebih dari 10 juta chat per hari di fitur Shopee, lebih dari Shopee 90 juta pohon THR yang berhasil di tanam, dan juga transaksi berpindah dari CoD (Cash on Delivery) menjadi 40% dari ShopeePay, berubah cashless," tutupnya.



Simak Video "Momen Tadarus Al-Qur'an Raksasa di Banyuwangi di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)